PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 15 AMBON
Abstract
Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran dasar yang harus di kuasai siswa. Mata pelajaran IPS ini mempelajari tentang kehidupan manusia di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kooperatif model TGT adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah di terapkan oleh siswa, melibatkan aktivitas seluruh siswa di sekolah tanpa harus ada perbedaan status melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kejujuran, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Hasil belajar yang ditunjukan oleh siswa Kelas VIII6 SMP Negeri 15 Ambon pada siklus pertama pertemuan pertama melalui metode ceramah dan demonstrasi secara berkelompok seperti yang sudah dijelaskan pada siklus pertama dan kedua mencapai hasil yang baik.
Downloads
References
Ibrahim,M, dkk,2000, Pembelajaran Kooperatif, Universitas Negri Surabaya, Surabaya
Kunandar, 2009, Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Muhammad Ali. (1987), Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung Sinar Baru.
Piet.A. Sahertian, Dra. Ida Aledia Sahertian, (1972). Supervise Pendidkan Dalam Rangka Program Inservice Education, Jakata.
Ratumanan, 2004, Belajar dan Pembelajaran, Universitas Press, Surabaya
Reostiyah. Nk. (1991). Strategi Belajar Mengajar, Rinaka Cipta ,Jakarta.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran, PT. Yusnandar, Depok.
Sanjaya. W. (2007). Strategi Pembelajaran Orientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta Kencana.
Slavin, (1995). Cooperatif Learning,US : Simon dan Schuster Company, Supervise Pendidikan dalam Rangka Program Inservise Education, Jakarta.
Surjono, (2001). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tingkat Sekolah Dasar, Cempaka Putih, Jakarta.
Susilo, (2007), Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Pustaka Book Publisher. Yogyakarta.
Suyatno, 2009, Menjelajah Pembelajaran Inovatif Masmedia Buana Pustaka, Sidoarjo
Trianto, 2007, Model-Model Pembelajaran Inovatif Kontroyistik, alfabeta, Bandung
UU RI. No.20 Tahun (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia, (1995)
Zainal Aqib, dkk. (2009), Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya. Bandung.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.