Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 15 Ambon

The Implementation of the Cooperative Learning Model Type TGT (Teams Games Tournament) to Improve Students' Learning Outcomes in Social Studies Subject for Grade VIII at SMP Negeri 15 Ambon

  • Franklin William Ubra Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Teams Group Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan mata pelajaran dasar yang harus di kuasai siswa. Mata pelajaran IPS ini mempelajari tentang kehidupan manusia di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran kooperatif model TGT adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah di terapkan oleh siswa, melibatkan aktivitas seluruh siswa di sekolah tanpa harus ada perbedaan status melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kejujuran, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Hasil belajar yang ditunjukan oleh siswa Kelas VIII6 SMP Negeri 15 Ambon pada siklus pertama pertemuan pertama melalui metode ceramah dan demonstrasi secara berkelompok seperti yang sudah dijelaskan pada siklus pertama dan kedua mencapai hasil yang baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-06
How to Cite
Ubra, F. W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 15 Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 26-36. https://doi.org/10.30598/jpe.v1.i1.p26-36

Most read articles by the same author(s)