PRESEPSI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM PPG (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNPATTI ANGKATAN 2018-2020)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana Persepsi Mahasiswa Terhadap Program Pendidikan Profesi Guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Angkatan 2018-2020. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif deskriptif, Sumber data dalam peneitian ini meliputi sumber primer, dan sumber skunder. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pemahaman mahasiswa tentang program PPG sudah cukup baik dan Ketertarikan mahasiswa untuk mengikuti program PPG juga lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak, terkait pendapat mahasiswa mengenai kebijakan pemerintah tentang program PPG sudah bagus dengan memberikan sarana prasarana serta tunjangan yang memadai sehingga profesi guru lebih mudah dalam proses sertifikasi, akan tetapi menurut mahasiswa lulusan SI pendidikan tidak cukup adil dengan diperbolehkannya sarjana non-kependidikan untuk mengikuti PPG dan menyangdang gelar guru Profesional karena hal tersebut akan memperluas ruang kompetisi dalam mereproduksi guru.
Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Pendidikan Profesi Guru
Downloads
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.