Pengembangan Kemampuan Soft Skill Peserta Didik dengan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning di SMP Negeri 4 Nirunmas

  • Leonarda L Melmambessy Universitas Pattimura
  • Ferdinand S Leuwol Universitas Pattimura
  • Susan E Manakane Universitas Pattimura
Keywords: Pengembangan Kemampuan; Soft Skill; Pembelajaran Kooperatif Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengembangan kemampuan soft skill peserta didik dan faktor-faktor yang memengaruhinya dalam konteks penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning. Dengan menggunakan pendekatan field research, yang dikaji secara deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di dilakukan di SMP Negeri 4 Nirunmas dan data diperoleh dari sumber primer dan sekunder melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Variabel penelitian mencakup aspek-aspek seperti kepemimpinan, kerjasama tim, kreativitas, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan soft skill siswa melalui model pembelajaran kooperatif learning membutuhkan peran aktif dari guru. Pertama-tama, guru harus menciptakan model karakter, seperti jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerja sama dalam kelompok. Selanjutnya, menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung termasuk mendorong percaya diri dan kerja sama dalam kelompok. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi pengembangan soft skill siswa dapat dibagi menjadi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi motivasi siswa, kecerdasan, keterlibatan orangtua, dan lingkungan sekitar. Sementara itu, faktor penghambat meliputi kematangan atau pertumbuhan fisik, pergaulan dengan teman sebaya, dan paparan media massa yang berpotensi memberikan pengaruh negatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra, 12(2), 1693–5705. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59
Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar KImia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 2355–6358. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790/1969
Hamalik, H. O. (2019). Dasar-dasar pengembangan kurikulum.
Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal KONTEKSTUAL, 1(2), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.162
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter di Sekolah: Revitalisasi Peran Sekolah dalam Menyiapkan Generasi Bangsa Berkarakter. Samudra Biru.
Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2020). Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Pendidikan Karakter Sebagai Fungsi Pendidikan. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2353–2362. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1116
Rustan S. (2014). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Kooperatif Dan Inovatif : Sebuah Kajian Berdasarkan Pandangan Konstruktivisme. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 131–142. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/233
Syaodih, E. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Educare, 5(1), h. 14-15. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/51
Zendrato, R. N. P. (2024). Menelusuri Jejak Damai : Kontribusi Tokoh Agama dalam Mewujudkan Kehidupan Beragama yang Harmonis. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 145–163. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v2i1.2289
Published
2024-05-20
How to Cite
Melmambessy, L., Leuwol, F., & Manakane, S. (2024). Pengembangan Kemampuan Soft Skill Peserta Didik dengan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning di SMP Negeri 4 Nirunmas. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 3(2), 14-26. https://doi.org/10.30598/jpguvol3iss2pp14-26