Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelectual Pulau-Pulau Kecil Perbatasan di Kelas IV SD Negeri Kristen Lor-Lor di Kabupaten Aru

Improving Science Learning Outcomes Through the Somatic Auditory Visual Intelectual Approach of Border Small Islands in Grade IV of SD Negeri Kristen Lor-Lor in Aru Regency

  • Hediaty La Sitiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Hasil Belajar, Somatic Auditory Visual Intelectual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan pendekatan somatic auditory visual intellectual pada siswa kelas IV SD Negeri Kristen Lor- Lor di Kabupaten Kepulauan Aru, khususnya di wilayah pulau-pulau kecil perbatasan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada tes awal, hanya 7 siswa (33.33%) yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah penerapan pendekatan SAVI pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi8 siswa (38.09%). Padasiklus II, seluruh siswa (100%) berhasil mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, penerapan pendekatan somatic auditory visual intellectual (SAVI) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-11
How to Cite
La Sitiman, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelectual Pulau-Pulau Kecil Perbatasan di Kelas IV SD Negeri Kristen Lor-Lor di Kabupaten Aru. Kamboti Journal of Education Research and Development, 3(2), 50-56. https://doi.org/10.30598/kambotiv3i2p50-56