Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Somatic Auditory Visual Intelectual Pulau-Pulau Kecil Perbatasan di Kelas IV SD Negeri Kristen Lor-Lor di Kabupaten Aru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan pendekatan somatic auditory visual intellectual pada siswa kelas IV SD Negeri Kristen Lor- Lor di Kabupaten Kepulauan Aru, khususnya di wilayah pulau-pulau kecil perbatasan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian sebanyak 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada tes awal, hanya 7 siswa (33.33%) yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah penerapan pendekatan SAVI pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi8 siswa (38.09%). Padasiklus II, seluruh siswa (100%) berhasil mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian, penerapan pendekatan somatic auditory visual intellectual (SAVI) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Copyright (c) 2023 Copyright © 2023 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.