Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar di Kabupaten Kepulauan Aru: Studi Kasus pada SD Naskat Yos Sudarso 2 Dobo

Strategy for Improving the Quality of Education in Elementary Schools in Aru Islands Regency: A Case Study at SD Naskat Yos Sudarso 2 Dobo

  • Lowisye Leatomu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Mutu Pendidikan, Studi Kasus

Abstract

adalah penelitian tindakan (action research), yaitu sebuah studi atau kajian terhadap situasi social, memahami permasalahannya, dan selanjutnya menemukan pengetahuan yang berupa tindakan untuk memperbaiki situasi social tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi strategi apa yang sebaiknya digunakan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dari penelitian yang dilakukan, dapat dijelaskan bahwa strategi yang dapat digunakan SD Naskat Yos Sudarso 2 Dobo dalam meningkatkan mutu adalah dengan cara meningkatkan potensi akademik siswa, fasilitas ruang belajar semakin diperhatikan untuk penyelenggaraan proses belajar mengajar yang lebih baik, dan kepala sekolah seharusnya lebih meningkatkan pengawasan terhadap kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lowisye Leatomu, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pendidikan pada jenjang sekolah dasar di Kabupaten Kepulauan Aru. Data hasil penelitian menunjukan bahwa, masih banyak siswa yang tidak berhasil dalam penilaian hasil belajar. Tidak hanya itu, kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa masih sangat rendah. Mutu pendidikan merupakan tolak ukur dalam pengembangan sumber daya manusia. Dalam konteks Total Quality Management (TQM), mutu bukan sekedar inisiatif. Mutu merupakan sebuah filosofis dan metodologi yang membantu institusi untuk merencanakan perubahan dan mengatur agenda dalam menghadapi tekanan-tekanan eksternal yang berlebihan. Mutu pendidikan tak hanya berbicara soal hasil, tetapi juga proses dari pendidikan itu sendiri.Mutu menitikberatkan pada “cara” bagaimana proses keberlangsungan sesuatu dari input menjadi output. Mutu menjadi model yang menghasilkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan 

adalah penelitian tindakan (action research), yaitu sebuah studi atau kajian terhadap situasi social, memahami permasalahannya, dan selanjutnya menemukan pengetahuan yang berupa tindakan untuk memperbaiki situasi social tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi strategi apa yang sebaiknya digunakan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dari penelitian yang dilakukan, dapat dijelaskan bahwa strategi yang dapat digunakan SD Naskat Yos Sudarso 2 Dobo dalam meningkatkan mutu adalah dengan cara meningkatkan potensi akademik siswa, fasilitas ruang belajar semakin diperhatikan untuk penyelenggaraan proses belajar mengajar yang lebih baik, dan kepala sekolah seharusnya lebih meningkatkan pengawasan terhadap kinerja guru.

Published
2023-09-11
How to Cite
Leatomu, L. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar di Kabupaten Kepulauan Aru: Studi Kasus pada SD Naskat Yos Sudarso 2 Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 3(2), 57-64. https://doi.org/10.30598/kambotiv3i2p57-64