Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat di Kelas V SD Inpres Rabiajala Dobo

  • La Suha Ishabu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif, Listening Team

Abstract

Berdasarkan pengamatan Peneliti ditemukan beberapa hal yang menyebabkan siswa kurang bersemangat dan juga tidak termotivasi untuk belajar matematika khususnya operasi bilangan Bulat. Kurangnya semangat dan Motivasi siswa disebabkan penggunan Metode Guru yang pas dalam pembelajaran Matematika tersebut. Salah satu Alternatif Guru dan cocok dalam pembelajaran operasi Bilangan Bulat adalah Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa, pada Materi operasi Bilangan Bulat di Kelas V SD Inpres Rabiajala Dobo. Adapun rumusan masalah yaitu Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Listening Team, konsep Bilangan Bulat di Kelas V SD Rabia Jala Dobo dapat ditingkatkan, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar sesuai dengan kriteria kemampuan minimum.Penelitian ini menggunakan tipe Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, dan dimana setiap siklus dapat dilakukan 2 kali pertemuan. yang dilaksanakan pada siswa Di Kelas V SD Inpres Rabiajala Dobo. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif dengan menggunakan persentase tingkat penguasaan siswa dan kriteria ketuntasan minimum (KKM).Berdasarkan analisis data penelitian, pada siklus I persentase siswa yang mencapai standar ketuntasan adalah 44,74%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92,10%. Peningkatan persentase hasil belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa. Siswa semakin aktif bekerjasama dalam kelompok dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.Dari hasil penelitian tersebut, kesimpulan yang dapat diambil adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa Di Kelas V SD Inpres Rabiajala Dobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-11
How to Cite
Ishabu, L. S. (2023). Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Bulat di Kelas V SD Inpres Rabiajala Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 3(2), 65-71. https://doi.org/10.30598/kambotiv3i2p65-71