Penerapan Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas II di SD Negeri 8 Dobo

Application of Power Point Media in Improving Science Learning Outcomes in Grade II Students at SD Negeri 8 Dobo

  • Theophanie Pattinasarany Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Power Point Media, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas kurangnya penggunaan media power point pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga proses pembelajaran menjadi membosankan dan materi yang disampaikan tidak bisa diterima dengan baik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui penerapan media power point dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II di SD Negeri 8 Dobo. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tes akhir siklus I sudah menunjukan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar sebanyak 100% dari tes awal yang menunjukan ketuntasan belajar sebanyak 35%. Sehingga menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sangat berdampak positif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-11
How to Cite
Pattinasarany, T. (2023). Penerapan Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas II di SD Negeri 8 Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 3(2), 72-78. https://doi.org/10.30598/kambotiv3i2p72-78