Penggunaan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema 'Daerah Tempat Tinggalku' di Kelas IV SD Negeri 7 Dobo
The Use of the Discovery Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on the Theme 'The Region I Live In' in Fourth-Grade Students at SD Negeri 7 Dobo
Abstract
Model discovery learning adalah sebuah model pembelajaran yang dimana memfokuskan proses pembelajaran siswa dengan cara menemukan sesuatu pengetahuan lewat siswa tersebut. Discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang tidak asing lagi. Discovery learning merupakan metode memahami konsep, arti dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Tema daerah Tempat Tinggalku Di SD Negeri 7 Dobo dengan menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menjelaskan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dengan menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil tes awal pada kelas IV berada pada kualifikasi gagal, hal ini membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa masih sangat minim terhadap materi Tema Daerah Tempat Tinggalku. Proses kegiatan belajar mengajar pada kelas IV berada pada kualifikasi baik, dimana pada tes akhir siklus I diperoleh rata-rata skor pencapaian siswa (50,54%). Hasil tes akhir siklus II secara klasikal tuntas dengan rata-rata skor pencapaian siswa (100%). Hal ini menunjukan bahwa semua siswa mampu memahami materi demgan tema daerah tempat tinggalku dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan baik sesuai dengan tahapannya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat membantu siswa untuk mencapai hasil belajar pada materi tema daerah tempat tinggalku, karena dalam model pembelajaran ini siswa dilibatkan langsung dari awal pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi pengetahuannya
Downloads
Copyright (c) 2023 Copyright © 2023 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.