Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas IV MI AL- Hudzaifah Dobo
Improving Speaking Skills Through the Role-Playing Method in Fourth-Grade Students at MI Al-Hudzaifah Dobo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas IV MI AL Huzdaifa Dobo dengan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). Lokasi penelitian adalah MI.AL.Huzdaifa Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI AL.Huzdaifa Dobo dengan jumlah siswa 21 orang. Untuk sampel penelitian diambil 9 orang dengan rincian 3 orang dengan nilai tertinggi, 3 orang dengan nilai sedang dan 3 orang dengan nilai terendah. Penelitian ini menggunakan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dieroleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan metode bermin peran dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI AL Huzdaifa Dobo. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa, hasil tes keterampilan berbicara siswa dan nilai ketuntasan siswa berdasarkan KKM. Nilai persentase aktivitas belajar siswa di pertemuan 1 Siklus I adalah 58,56% meningkat di pertemuan 2 Siklus I menjadi 66,67%. Nilai persentase aktivitas belajar siswa di pertemuan 1 Siklus II adalah 75% meningkat di pertemuan 2 Siklus II menjadi 81,25%. Nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa pada Siklus I adalah sebesar 70,56 meningkat di Siklus II menjadi 77,22. Nilai ketuntasan siswa di Siklus I sebesar 66,67% meningkat pada Siklus II menjadi 88,89%.
Downloads
Copyright (c) 2023 Copyright © 2023 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.