Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas IV MI AL- Hudzaifah Dobo

Improving Speaking Skills Through the Role-Playing Method in Fourth-Grade Students at MI Al-Hudzaifah Dobo

  • Helendia Goin Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Zainudin Notanubun Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pattimura
  • Fridolin Vrosansen Borolla Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Keterampilan Berbicara, Metode Bermain Peran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas IV MI AL Huzdaifa Dobo dengan metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). Lokasi penelitian adalah MI.AL.Huzdaifa Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI AL.Huzdaifa Dobo dengan jumlah siswa 21 orang. Untuk sampel penelitian diambil 9 orang dengan rincian 3 orang dengan nilai tertinggi, 3 orang dengan nilai sedang dan 3 orang dengan nilai terendah. Penelitian ini menggunakan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dieroleh dalam penelitian  ini akan  dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan metode bermin peran dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV MI AL Huzdaifa Dobo. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan persentase aktivitas belajar siswa, hasil tes keterampilan berbicara siswa dan nilai ketuntasan siswa berdasarkan KKM. Nilai persentase aktivitas belajar siswa di pertemuan 1 Siklus I adalah 58,56% meningkat di pertemuan 2 Siklus I menjadi 66,67%. Nilai persentase aktivitas belajar siswa di pertemuan 1 Siklus II adalah 75% meningkat di pertemuan 2 Siklus II menjadi 81,25%. Nilai rata-rata tes keterampilan berbicara siswa pada Siklus I adalah sebesar 70,56 meningkat di Siklus II menjadi 77,22. Nilai ketuntasan siswa di Siklus I sebesar  66,67% meningkat pada Siklus II menjadi 88,89%.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-15
How to Cite
Goin, H., Notanubun, Z., & Borolla, F. V. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas IV MI AL- Hudzaifah Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 3(1), 18-25. https://doi.org/10.30598/kambotiv3i1p18-25