Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Dobo

Application of the Talking Stick Learning Model on the Theme of the Beauty of Togetherness to Improve the Learning Outcomes of Grade IV Students of SD Kristen Dobo

  • Ince Sirlay Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Hediaty La Sitiman Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Model Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Kristen Dobo pada tema indahnya kebersamaan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan siklus pelaksanaan PTK model Kemmis & Mc Taggrt. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD Kristen Dobo yang berjumlah 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara dan tes. Data penelitian yang terdiri dari nilai aktivitas belajar siswa dan nilai kognitif berupa nilai tes awal dan tes akhir akan  dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di kelas IV SD Kristen Dobo.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-15
How to Cite
Sirlay, I., & La Sitiman, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 3(1), 26-35. https://doi.org/10.30598/kambotiv3i1p26-35