Implementasi Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V SD Kristen Dobo

The Implementation of the Discovery Learning Method to Improve Student Learning Outcomes on the Topic of Natural and Artificial Features in Fifth-Grade Students at SD Kristen Dobo

  • Antonius Boger Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Ztella Rumawatine Pendidikan Jasmani dan Olahraga, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Discovery Learning, Learning Outcomes, Natural and Artificial Features

Abstract

Discovery Learning adalah pembelajaran yang mengunakan masalah Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Materi kenampakan alam dan buatan Di SD Kristen Dobo dengan menggunakan Metode Discovery Learning. . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Hasil penelitian menunjukan pencapaian hasil belajar siswa pada materi Kenampakan Alam Dan Buatan di kelas V.b SD Kristen Dobo dengan menerapkan metode Discovery Learning berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru, pada siklus I yang tuntas 13 siswa atau 38,23%, dan yang tidak tuntas 21 atau 61,76%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 34 siswa atau 100% dan yang belum tuntas 0 siswa atau 0%. Pada silkus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah dicapai. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Discovery Learning dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.b SD Kristen Dobo pada materi kenampakan alam dan buatan, karena setelah siswa mengikuti pelajaran dengan menggunakan metode Discovey Learning hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil belajar untuk setiap siklus yaitu pada siklus I terdapat 13 siswa telah memperoleh nilai >70, namun masih terdapat 21 siswa yang memperoleh nilai <70. Sedangkan pada siklus II terdapat 34 siswa telah memperoleh nilai >70. Peningkatan tersebut menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Discovery Learning tentang materi kenampakan alam dan buatan pada siswa kelas V.b SD Kristen Dobo dinyatakan berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-15
How to Cite
Boger, A., & Rumawatine, Z. (2023). Implementasi Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan Kelas V SD Kristen Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 3(1), 36-43. https://doi.org/10.30598/kambotiv3i1p36-43