Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Strategi The Power of Two pada Tema Udara Bersih untuk Kesehatan

Improving Student Learning Outcomes Using the Power of Two Strategy on the Theme of Clean Air for Health

  • Amina Fatukaloba Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • La Suha Ishabu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Strategi Pembelajaran, The Power Of Two, Hasil Belajar, Udara Bersih Bagi Kesehatan

Abstract

Strategi pembelajaran The Power of Two termasuk bagian dari  active learning  yang merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan belajar lebih aktif dengan pemberian tugas belajar yang dilakukan dalam kelompok kecil siswa. Strategi The Power of Two adalah menggabungkan kekuatan dua kepala. Menggabungkan dalam hal ini adalah membentuk kelompok kecil, yaitu masing-masing siswa berpasangan. Kegiatan ini dilakukan agar munculnya suatu sinergi yakni dua kepala lebih baik dari satu. Penelitian ini bertujuan untuk penggunaan dan mengetahui pengguan dan hasil strategi The Power of Two dalam  upaya meningkatkan hasil belajar pada tema udara bersih bagi kesehatan di kelas V SD Kristen Dobo. Berdasarkan latar belakang yang ada maka permasalahan yang diangkat adalah Apakah penggunaan strategi pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar dalam Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di kelas V SD Kristen Dobo. Penelitian ini menggunakan metode penetian tindakan kelas, data diperoleh dari hasil observasi, tes dan dokunetasi penelitian tindakan kelas V SD Kristen Dobo. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dalam empat pertemuan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil analisis diperoeh nilai rata-rata pada tes awal 63, sedangkan pada tes akhir siklus I mencapai 70.88 dan siklus tes akhir siklus II 81.61. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar pada tema udara bersih bagi kesehatan di SD Kristen Dobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-09
How to Cite
Fatukaloba, A., & Ishabu, L. S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Strategi The Power of Two pada Tema Udara Bersih untuk Kesehatan. Kamboti Journal of Education Research and Development, 4(2), 44-55. https://doi.org/10.30598/kambotiv4i2p44-55