Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar SD Negeri 6 Dobo

Relationship between Learning Independence and Learning Outcomes of Grade V Students of SD Negeri 6 Dobo

  • Maria Karatem Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Theophany Pattinasarany Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PSDKU Universitas Pattimura
  • Ztella Rumawatine Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, PSDKU Universitas Pattimura
Keywords: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Kemandirian belajar adalah bentuk suatu usaha yang dilakukan siswa untuk melakukan aktivitas belajar dengan inisiatif sendiri untuk berkreasi dalam belajar dengan tidak bergantung kepada orang lain. Dengan kemandirian belajar tersebut siswa akan dapat mengembangkan nilai, sikap pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang dimiliki. Kemandirian merupakan salah satu faktor yang ada dalam diri siswa yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Dobo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK kelas V SD Negeri 6 Dobo dengan ditunjukkan bahwa r hitung, (0.410) lebih besar dari r tabel (0.374), pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis yang diajukan Ho ditolak dan Ha diterima. Keeratan hubungan antara variabel kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa yaitu 0.410 yang terletak pada kategori 0.40-0.69 yang artinya keeratan hubungan kedua variable tersebut adalah sedang/cukup. Hubungan antara kedua variable tersebut bernilai positif yang artinya bersifat searah jika nilai kemandirian belajar naik, maka hasil belajar naik. Dengan demikian siswa kelas SD Negeri 6 Dobo memiliki kemandirian belajar yang tinggi maka siswa tersebut akan memiliki hasil belajar yang tinggi pula.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-09
How to Cite
Karatem, M., Pattinasarany, T., & Rumawatine, Z. (2024). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar SD Negeri 6 Dobo. Kamboti Journal of Education Research and Development, 4(2), 56-65. https://doi.org/10.30598/kambotiv4i2p56-65