Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Inpres Benjina
Application of the Role Playing Learning Model to Improve Student Learning Outcomes on Points Social Studies Lesson Class V SD Inpres Benjina
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran role playing dalam meninggkatkan hasil belajar siswa dengan materi Proklomasi Kemerdekaa Indonesia pada kelas V SD Inpres Benjina. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada SD Inpres Benjina dimulai dari tanggal 12 februari 2024 samapai dengan 12 maret 2024. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Benjina, dengan jumlah keseluruhan siswa sebanyak 15 orang, yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model rancangan penelitian tindakan kelas model Arikunto, 2008:16 yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi (Observation) dan refleksi (Reflection). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Benjina pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia, dimana nilai rata-rata kelas pada tes awal sebesar 59,73 dengan tinggkat ketuntasan belajar sebesar 35%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas V sebesar 62,6 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 55%. Dan siklus II nilai rata-rata sebesar 68,46 dengan ketuntasan belajar sebesar 85%.
Downloads
Copyright (c) 2024 Copyright © 2024 Author(s)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.