HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (2) untuk mengetahui motivasi siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (3) untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa.(4) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (5) ntuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. (6) untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. Penelitian in merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa, teknik pengambilan sampel melalui Random Sampling dengan besaran sampel 244 siswa. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Analisis data mengunakan uji regresi dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecerdasan emosional siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa secara umum berada pada kategori tinggi (2) motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 sungguminasa secara umum berada pada kategori tinggi (3) hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 sungguminasa secara umum berada pada kategori tinggi (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Sungguminasa. Nilai hasil belajar mengikuti peningkatan kecerdasan emosional dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0,492 dan sumbangan efektif R2 sebesar 24,2%. (5) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Suungguminasa. Nilai hasil belajar mengikuti peningkatan motivasi belajar dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0,490 dan sumbangan efektif R2 sebesar 24%. (6) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Suungguminasa. Nilai hasil belajar IPA merupakan fungsi linier dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar artinya hasil belajar IPA mengikuti peningkatan kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan tingkat koefisien korelasi (r) sebesar 0,548 dan sumbangan efektif ( R2) sebesar 30%.
Downloads
Copyright (c) 2021 Kamboti Journal of Education Research and Development (KJERD)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.