MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 INPRES DOBO

  • Marta Fakau Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP PSDKU Aru
  • R. L. Ririhena Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP PSDKU Aru
  • Fridolin V. Borolla Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP PSDKU Aru
Keywords: Kontekstual, Menulis Narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual pada materi menulis pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Inpres Dobo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Inpres Dobo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata skor observasi guru adalah 20,5 yang termasuk kriteria cukup, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 20 yang termasuk kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II rata-rata skor observasi guru adalah 29,5 yang termasuk kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 27,5 yang termasuk kriteria baik. Data hasil belajar pada siklus I dianalisis berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan di peroleh persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I yaitu 54,5% dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,7 % dengan kriteria tuntas. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa kelas IV SD Negeri 4 Inpres Dobo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-30