Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Bank Sampah Ambon Hijau (Studi Sosiologi Pada Komunitas Green Moluccas)

  • Frida Mourent Sosiologi FISIP Unpatti
  • Tonny D. Pariela Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Dominggus E. B. Saija Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
Keywords: Partisipasi, masyarakat, Bank Sampah, Ambon Hijau

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana partisipasi masyarakat di dalam penyeleggaraan Bank Sampah, menganalisis tentang mengapa masyarakat ikut berpartisipasi di dalam penyelenggaraan pengelolaan sampah di Bank Sampah Ambon Hijau, dan juga menganalisis tentang bagaimana keberlanjutan sistem perlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pengelolaan sampah di Bank Sampah Ambon Hijau. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Sampah Ambon Hijau dibawah naungan Komunitas Green Moluccas, Negeri Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap sejumlah informan yang dianggap terlibat secara langsung maupun tidak langsung dengan Bank Sampah Ambon Hijau yang berada dibawah naungan Komunitas Green Moluccas, Negeri Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat masyarakat yang melakukan partisipasi di Bank Sampah Ambon Hijau, dan alasan masyarakat disana melakukan partisipasi di Bank Sampah tersebut adalah karena masyarakat merasa diuntungkan dalam hal keuangan karena jika masyarakat menjadi nasabah di Bank Sampah Ambon Hijau mereka akan mendapakan imbalan dalam bentuk Tabungan uang yang dapat dicairkan atau diuangkan dan bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Alasan lain mengapa masyarakat itu berpartisipasi dalam pengelolaan sampah di Bank Sampah ialah karena masyarakat merasa bahwa jika mereka berpartisipasi dalam pengelolaan sampah tersebut mereka merasakan dampak yang baik berupa kebersihan lingkungan yang terjaga dan terawat. Hal tersebut dapat dilihat dari kebersihan lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar lokasi Bank Sampah Ambon Hijau. Pada penelitian kali ini juga menunjukan bahwa keberlanjutan sistem perlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah itu diupayakan dengan cara edukasi dan sosialisasi yang dilakukan kepada seluruh masyarakat baik kepada anak-anak sampai dengan orang dewasa agar terciptanya keberlanjutan sistem pengelolaan sampah yang baik, sehat, bersih, dan layak bagi masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, I. R. (2007). Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan (Vol. 4). Depok:: FISIP UI Press, 2007. Retrieved 2023

Andi Hendrawan, B. S. (2019). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KERJA PT “X” TENTANG UNDANG-UNDANG DAN PERATURAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA. Jurnal Delima Harapan, 6 No.2.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Armylia Malimbe, F. W. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. JURNAL ILMIAH SOCIETY ISSN : 2337 – 4004, 1.

Binus University. (2014, Oktober 28). IN-DEPTH INTERVIEW (WAWANCARA MENDALAM). Retrieved from https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/in-depth-interview-wawancara-mendalam/

Dajan, A. (1986). Pengantar Metode Statistik jilid II. Jakarta: Jakarta: LP3ES.

Dobiki, J. (2018). ANALISIS KETERSEDIAN PRASARANA PERSAMPAHAN DI PULAU KUMO DAN PULAU KAKARA DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA. Jurnal Spasial, 5.

Dr. Yudiyanto, S. M. (2019). PENGELOLAAN SAMPAH. Lampung: LPPM Institut Agama Islam Negeri Metro-Sai Wawai Publishing.

Dunia Pendidikan. (2023, Agustus 25). Pengertian Sosialisasi. Retrieved September 20, 2023, from Dunia Pendidikan (Situs Pendidikan dan Pembelajaran Terbaik): https://duniapendidikan.co.id/pengertian-sosialisasi/

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Rajagrafindo Perseda.

Fenigstein, A. S. (1975). Public and private selfconsciousness. Assessment and Theory. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 43(4), 522-527.

Fitri Arifa, F. P. (2019). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM BANK SAMPAH DI KABUPATEN SUMBAWA (Studi Kasus Bank Sampah Desa Nijang). Nusantara Journal of Economic, 01.

Goodman, G. R. (2004). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Media.

Green Moluccas. (2020). Retrieved 2023, from https://greenmoluccas.id/

Gunawan, A. H. (2000). Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hannigan, J. (2006). Environmental Sociology. British: Taylor & Francis e-Library.

Harahap, T. K. (2017, Oktober). MANAJEMEN PENGOLAHAN SAMPAH TERPADU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, V.

Herman. (2019). TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA ULIDANG KECAMATAN TAMMARODO KABUPATEN MAJENE. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1, 78-80.

Husnul Koyimah, L. H. (2018). PEMBENTUKAN PERILAKU DAN POLA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERPEN RUMPELSTILTSKIN KARYA SAVIOUR PIRROTTA DAN ENAM SERDADU KARYA BROTHERS GRIMM.

Indonesia, R. (2008). Undang-Undang No. 18 Tahun 2008. Retrieved from jdih.maritim.go.id: https://jdih.maritim.go.id/cfind/source/files/uu/uu-nomor-18-tahun-2008.pdf

Jumarsa, M. R. (2022, Oktober 2). MASYARAKAT DALAM MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI GAMPONG COT SIREN SAMLANGA KABUPATEN BIREUEN. Jurnal Biology Education, 8.

Kintan Ayu Sevila, I. H. (2021). Identifikasi Relasi Sosial Permukiman Magersari, Keraton Kasepuhan, Cirebon. 4.

Laksana, N. S. (2013, Januari). Bentuk-Bentuk Partisipasi Masyarakat Desa dalam Program Desa Siaga Di Desa Bandung Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kebijakan dan Manajemen Publik, 1, 61.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Roosdakarya.

Mustaqim. (2016, September). Paradigma Perilaku Sosial dengan Pendekatan Behavioristik (Telaah atas Teori Burrhusm Frederic Skinner). Jurnal Studi Islam dan Sosial, 10. doi:10.56997

Nicholas Abercrombie, S. H. (2010). Kamus SOSIOLOGI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur Rahmawati Sulistiyorini, R. S. (n.d.). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI LINGKUNGAN MARGALUYU KELURAHAN CICURUG. Share Social Work Jurnal.

Paloma, M. M. (2010). SOSIOLOGI KONTEMPORER (8 ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Pariela, P. T. (2008). Damai di Tengah Konflik Maluku: Preserved Social Capital sebagai Basis Survival Strategy. Salatiga: Program Pascasarjana Univeritas Kristen Satya Wacana Press.

PEMERINTAH KOTA AMBON. (2021). STATISTIK SEKTORAL KOTA AMBON TAHUN 2021. (C. J. Sihasale, Ed.) AMBON: Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon.

PenelitianIlmiah.com. (2022, Desember 14). Pengertian Pedoman Wawancara, Proses, Tahapan, dan Contohnya. Retrieved from https://penelitianilmiah.com/pedoman-wawancara/

Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru. (2022). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI BANK SAMPAH. Jurnal Kebijakan Publik.

Ritzer, G. (2011). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salam, M. R. (2010, September). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS PERMUKIMAN DIKAWASAN PUSAT KOTA PALU. Jurnal *ruang*, 2.

Savitri, S. B. (2018). Validasi Struktur Internal Alat Ukur Refleksi Diri Adaptif melalui CFA. Jurnal Psikologi, 45,2, 109. doi:10.22146

Simandjuntak, P. L. (1986). Sosiologi pembangunan edisi II. Bandung: Tarsito.

Sipayung, T. (2020, Februari 20). KONSEP DAN DEFINISI SUSTAINABLE [KEBERLANJUTAN] (2023).

SMP, A. (2023, Febuari 22). Yuk, Mengenal 5 Jenis Sampah. Retrieved Mei 17, 2023, from Kemendikbud.do.id: https://ditsmp.kemdikbud.go.id/yuk-mengenal-5-jenis-sampah/

Sosiologi.Info. (2022, Februari 9). (Redaksi, Editor) Retrieved September 20, 2023, from 25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terbaru, Contohnya: https://www.sosiologi.info/2022/02/25-pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli-terbaru-contohnya.html

Susilo, R. K. (2012). SOSIOLOGI LINGKUNGAN. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Syafruddin, B. D. (2019, Desember). ANALISIS POTENSI NILAI EKONOMI SAMPAH DALAM PENGELILAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT. Jurnal Ekonomi dan Bisnis , 7.

Toto Syatori Nasehudin, M. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. (M. Dr. Beni Ahmad Saebani, Ed.) Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/yuk-mengenal-5-jenis-sampah/

https://www.sosiologi.info/2022/02/25-pengertian-sosialisasi-menurut-para-ahli-terbaru-contohnya.html

https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/in-depth-interview-wawancara-mendalam/

https://penelitianilmiah.com/pedoman-wawancara/

https://jdih.maritim.go.id/cfind/source/files/uu/uu-nomor-18-tahun-2008.pdf

https://greenmoluccas.id/

https://duniapendidikan.co.id/pengertian-sosialisasi/

https://www.un.org/en/academic-impact/sustainability

https://uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html

Published
2023-10-10