PERGESERAN PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN BAHASA LOKAL DI NEGERI TULEHU, KECAMATAN SALAHUTU, KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Pieter J. Pelupessy Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Abdul R. Malawat Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
Keywords: Bahasa, Anak, Pergeseran

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa lokal di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah mengalami pergeseran terhadap penggunaan bahasa Tulehu di kalangan generasi muda disebabkan karena perilaku generasi muda sendiri yang kurang memiliki perhatian dan kepedulian untuk belajar bahasa Tulehu. Selain itu juga kurangnya sosialisasi dan pewarisan dari orang tua pada anak-anak dalam menggunakan bahasa Tulehu sehari-hari. Bahasa Tulehu tidak diajarkan sebagai muatan lokal pada lingkungan pendidikan. Kondisi ini apabila tidak ada perhatian khusus dari masyarakat dan Pemerintah Negeri Tulehu, maka pada waktu-waktu mendatang penggunaan bahasa Tulehu sebagai identitas dapat menjadi hilang. Masyarakat dan Pemerintah Negeri Tulehu perlu menghidupkan kembali penggunaan bahasa Tulehu maupun kegiatan pembinaan bahasa Tulehu pada lingkungan keluarga sebagai basis pendidikan informal, maupun penggunaan bahasa Tulehu pada lingkungan pendidikan formal di Sekolah Dasar atau yang sederajat, karena pada lingkungan pendidikan tersebut generasi muda dapat beradaptasi dengan lingkungan setempat dalam penggunaan bahasa Tulehu. Serta membangun kesadaran bersama dikalangan warga masyarakat untuk peduli terhadap penggunaan bahasa sebagai identitas.

­Kata Kunci: Bahasa, Anak, Pergeseran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud. 1999, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdikbud.
Kramsch, Claire. 1998. Language and Culture. Oxford: Oxford University Press
Lauder, Multamia RMT. 2006. “Revitalisasi Bahasa Minoritas”. Makalah dalam Seminar Internasional Penyelamatan BahasaBahasa yang Terancam Punah, Jakar
Sembiring, A. W. (2015). Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa di dalam Perkawinan Campuran: Sebuah Studi Kasus dalam Keluarga Suku Karo. Tesis. Medan:
Setiawan, A., 2006, Pengantar Statistika, Graha Ilmu, Yogyakarta.
SIL International. 2006. Bahasa-Bahasa di Indonesia. Edisi Kedua. Jakarta: SIL International, Cabang Indonesia.
Smarapradhipa.2005.(http://winawimala.wordpress.com/author/winawimala/). diakses tanggal 10 Januari 2012.
Unimed. Smith-Christmas, C. (2014). Being Socialised into Language Shift: the Impact of Extended
Yagmur, K., Bot, K. De, & Korzilius, H. (1999). Language Attrition, Language Shift and Ethnolinguistic Vitality of Turkish in Australia. Dalam Journal of Multilingual and Multicultural Development. Vol. 20, p. 51--69.
Thohir, Mudjahirin. 2007. Memahami Kebudayaan: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Semarang: Fasindo.
Tarigan, H. Guntur. 1984, Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Published
2021-11-16