Publication Ethics

Pendahuluan

Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE) diterbitkan dua kali setiap tahun, pada bulan Januari dan Juli oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura - Ambon. MJoCE menerbitkan makalah penelitian asli, komunikasi singkat, dan ulasan artikel yang mencakup bidang kimia murni dan kimia teori, kimia termasuk teknik kimia, aplikasi kimia. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini adalah artikel yang tidak akan dipublikasikan di tempat lain, kecuali abstrak, sebagai bahan studi, atau laporan penelitian. Publikasi artikel di MJoCE dapat menggunakan Bahasa Indonesia (Judul dan abstrak menggunakan bahasa Inggris) atau menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya.

TUGAS PENULIS

Artikel yang dikirimkan oleh penulis adalah laporan hasil penelitian, ulasan terkait keahliannya dan telah dipelajari dengan baik. Artikel yang diterbitkan dijelaskan secara rinci sehingga dapat direplikasi dalam kondisi lain. Jika perlu, Editor akan meminta penulis untuk mengirimkan data mentah. Semua kutipan yang dibuat oleh penulis harus didaftar dengan benar. Sumber daya yang tidak dipublikasikan tidak dapat digunakan sebagai sumber referensi. Penghargaan kepada semua pihak yang terlibat atau pemberi dana harus terdaftar sebagai yang diakui atau sebagai kontributor. Penulis dilarang keras melakukan plagiarisme atas tulisan orang lain. Penggunaan bahan kimia berbahaya harus dikomunikasikan bagaimana mereka digunakan dan ditangani dalam artikel, serta penggunaan hewan uji harus dikomunikasikan bahwa telah mendapat persetujuan dari pihak berwenang. Jika ada hal-hal yang menurut penulis adalah kesalahan dalam tulisannya setelah diterbitkan, mereka dapat menghubungi editor untuk membahasnya.

TUGAS EDITOR

Tanggung jawab untuk memilih artikel yang akan diterbitkan dimiliki oleh Editor. Dalam membuat keputusan, editor harus mematuhi kebijakan dewan editorial dan mempertimbangkan aspek hukum, etika yang berlaku di masyarakat, serta pertimbangan hak cipta dan plagiarisme, tanpa dibatasi oleh perbedaan yang ada pada penulis. Editor harus dapat menjaga kerahasiaan artikel, tidak menggunakan untuk keuntungannya sendiri, untuk meminta pertimbangan ahli, kelompok ahli lain jika ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Jika ada keberatan dari pihak yang berkepentingan, Editor harus responsif untuk segera menanggapi pengaduan meskipun publikasi telah dilakukan untuk waktu yang lama.