PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF (E-MODUL) BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR KIMIA ORGANIK MATERI ASAM KARBOKSILAT

  • Jefry Wijaya
  • Lita Lokollo Universitas Pattimura
Keywords: Pengembangan, E-modul, Dasar-dasar Kimia Organik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-modul interaktif berbasis Flipbook Dasar-Dasar Kimia Organik; (2) mengetahui tingkat kelayakan dan respon mahasiswa terhadap e-modul Dasar-Dasar Kimia Organik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 33 mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Pattimura. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian yang digunakan adalah teknik wawancara, lembar validasi dan angket respon mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul Dasar-dasar Kimia organik yang dihasilkan dapat diakses secara online dan offline. E-modul ini dapat digunakan sebagai sumber belajar baik secara mandiri maupun dalam proses pembelajaran. Produk e-modul Dasar-dasar Kimia organik yang dihasilkan memperoleh penilaian layak dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, dengan nilai rata-rata 3,6. Uji coba produk e-modul pada mahasiswa memperoleh respon positif yang artinya e-modul ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. BSNP.
Herawati, S.Nita & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang kerang. Vol. 4 (1), 57-69.
Nugraha, A., Subarkah, C. Z., & Sari. (2015). Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan literasi kimia siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.
Prastowo, Andi. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & RND), Alfabeta. Bandung : 2014.
Warsita, B. (2011). Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Published
2024-01-22
How to Cite
Wijaya, J., & Lokollo, L. (2024). PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF (E-MODUL) BERBASIS FLIPBOOK PADA MATA KULIAH DASAR-DASAR KIMIA ORGANIK MATERI ASAM KARBOKSILAT. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 14(1), 38-46. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol14iss1pp38-46
Section
Articles