IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KOLOID TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dalam peniltian ini adalah Untuk mengetahui Pemahaman Konsep Siswa setelah diterapkan LKPD Berbasis Kearifan Lokal dan Untuk mengetahui Sikap Ilmiah Siswa setelah diterapkan LKPD Berbasis Kearifan Lokal. Metode yang di gunakan dalam penilitian ini adalah peneitian deskriptif kuantitatif. Dengan rancangan penilitian yang digunakan adalah One Group Pretest postest Desing. Berdasarkan hasil penilitian di peroleh bahwa pemahaman konsep peserta didik yang di nilai terdiri dari 5 indikator yaitu pada indikator menafsirkan sebesar 100% (sangat tinggi), memberi contoh sebesar 80% (sangat tinggi), mengklasifikasikan sebesar 100% (sangat tinggi ), menduga sebesar 80% dan menjelaskan 100% (sangat tinggi). Sikap ilmiah yang dimiliki terdiri dari indikator sikap ingin tahu 68,25% (baik), jujur fakta/data 55% (cukup), berpikir kritis sebesar 71% (baik), penemuan dan kreativitas menggunakan fakta-fakta 71,5% (baik), berpikir terbuka dan kerjasama 64% (baik), peka terhadap lingkungan 58,25% (cukup).
Downloads
Copyright (c) 2024 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.