Efektivitas Model Pembelajaran PBL (problem based learning) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Ambon

  • sarianti la sida wance Universitas Pattimura
  • Yance Manoppo Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Pattimura
  • Julita B Manuhutu Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Pattimura
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Larutan elektrolit dan non elektrolit.

Abstract

  1. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL (problem based learning) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Ambon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Ambon dimana kelas X IPA³ sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dengan rata-rata nilai sebesar 80,06, sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 67,46, dengan demikian terdapat perbedaan antara model PBL dan model pembelajaran konvensional yang signifikan, yang dibuktikan dengan hasil uji-t sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang diterapkan efektif terhadap hasil belajar kimia siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-10
How to Cite
la sida wance, sarianti, Manoppo, Y., & Manuhutu, J. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran PBL (problem based learning) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Ambon. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 13(2), 132-145. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol13iss2pp132-145
Section
Articles