Efektivitas Model Pembelajaran PBL (problem based learning) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Ambon
Abstract
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PBL (problem based learning) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Ambon. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain eksperimen murni (true experiment design). Model eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Ambon dimana kelas X IPA³ sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dengan rata-rata nilai sebesar 80,06, sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai sebesar 67,46, dengan demikian terdapat perbedaan antara model PBL dan model pembelajaran konvensional yang signifikan, yang dibuktikan dengan hasil uji-t sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang diterapkan efektif terhadap hasil belajar kimia siswa.
Downloads
Copyright (c) 2024 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.