Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Latihan Berstruktur (Latihan Berjenjang) Pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode latihan berstruktur pada materi reaksi reduksi dan oksidasi kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Sampel yang digunakan adalah 35 peserta didik kelas X MIA 2, pengumpulan data dilakuka menggunaka instrument tes yang terdiri dari tes awal dan tes akhir dan non tes yaitu lembar penilaian afektif, psikomotor, serta LKPD. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar peserta didik pada tes awal 5 peserta didik (14%) berada pada kualifikasi cukup sementara itu untuk kualifikasi kurang terdapat 30 peserta didik (86%), hasil analisis data tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik kelas X mencapai kualifikasi yang berbeda-beda yaitu pada kualifikasi sangat baik terdapat 23 peserta didik (66%), kualifikasi baik terdapat 10 peserta didik (29%), dan kualifikasi cukup terdapat 2 peserta didik (5%). Data pencapaian N-Gain yang diperoleh yaitu 31 peserta didik (89%) yang berada pada kategori tinggi dan 4 peserta didik (11%) yang ada pada kategori sedang, secara keseluruhan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,89 yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode latihan berstruktur pada materi reaksi reduksi dan oksidasi
Kata kunci : Metode Latihan Berstruktur (Latihan Berjenjang), Reaksi Reduksi Dan Oksidasi, Peningkata, Hasil Belajar
Downloads
Copyright (c) 2024 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.