Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Latihan Berstruktur (Latihan Berjenjang) Pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah

  • Annisa Hataul Universitas Pattimura
  • Fatma Al Hamid Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Pattimura
  • Romelos Untailawan Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Pattimura
Keywords: Kata kunci : Metode Latihan Berstruktur (Latihan Berjenjang), Reaksi Reduksi Dan Oksidasi, Peningkata, Hasil Belajar

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode latihan berstruktur pada materi reaksi reduksi dan oksidasi kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Sampel yang digunakan adalah 35 peserta didik kelas X MIA 2, pengumpulan data dilakuka menggunaka instrument tes yang terdiri dari tes awal dan tes akhir dan non tes yaitu lembar penilaian afektif, psikomotor, serta LKPD. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar peserta didik pada tes awal 5 peserta didik (14%) berada pada kualifikasi cukup sementara itu untuk kualifikasi kurang terdapat 30 peserta didik (86%), hasil analisis data tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik kelas X mencapai kualifikasi yang berbeda-beda yaitu pada kualifikasi sangat baik terdapat 23 peserta didik (66%), kualifikasi baik terdapat 10 peserta didik (29%), dan kualifikasi cukup terdapat 2 peserta didik (5%). Data pencapaian N-Gain yang diperoleh yaitu 31 peserta didik (89%) yang berada pada kategori tinggi dan 4 peserta didik (11%) yang ada pada kategori sedang, secara keseluruhan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,89 yang berada pada kategori tinggi. Dengan demikian, terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode latihan berstruktur pada materi reaksi reduksi dan oksidasi


Kata kunci : Metode Latihan Berstruktur (Latihan Berjenjang), Reaksi Reduksi Dan Oksidasi, Peningkata, Hasil Belajar

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-05
How to Cite
Hataul, A., Al Hamid, F., & Untailawan, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Latihan Berstruktur (Latihan Berjenjang) Pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 14(2), 91-96. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol14iss2pp91-96
Section
Articles