PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP IKATAN KIMIA PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMANEGERI 3 LEIHITU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar peserta didik pada Konsep Ikatan Kimia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada peserta didik Kelas X MIA SMA N.3 Leihitu. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA yang berjumlah 25 orang dengan teknik sampling jenuh. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Dari hasil analisa data diperoleh menunjukan hasil belajar peserta didik kelas X MIA telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu pada aspek kognif, afektif, psikomotor dengan nilai akhir yang diperoleh adalah kualifikasi sangat baik 8 peserta didik (32%), kualifikasi baik 13 peserta didikĀ (52%), dan kualifikasi cukup 4 peserta didik (16%). Data pencapaian N-gain yang diperoleh yaitu 21 peserta didik (84%) mencapai kategori N-gain tinggi dan 4 Peserta didik (16%) mencapai kategori N-gain sedang, dengan kriteria pencapaian N-gain yang diperoleh adalah 0,74. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep ikatan kimia kelas X MIA SMA Negeri 3 Leihitu.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Artika Dharmawati, dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Numbered Heads Togethberbantuan Question And Answer Card Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 7, No. 2, 2013, hlm 158-166.
Nuraeni, N. (2010). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Generative Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung : UPI.
Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Sudijono, A. (2009) . Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 69-70x.
Suryobroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.