PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING) PADA KONSEP STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 AMBON

  • Nur Gaib Karepesina Universitas Pattimura, Ambon - Indonesia
Keywords: Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Struktur Atom.

Abstract

Model pembelajaran langsung adalah salah satu model pembelajaran model pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep dan/atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif. Model pembelajaran langsung digunakan pada konsep struktur atom untuk melihat apakah penerapannya dapat meningkatkan penguasaan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Ambon. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober - November 2015, dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mencapai 45,8 % dan dikategorikan cukup pada pertemuan I dan 100% pada pertemuan II dengan kategori sangat baik. Selain itu, kemampuan afektif dan psikomotor siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran langsung dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.

Michael Purba. 2006. Kimia Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2009) . Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 69-70x.

Wenno. I. H. 2008. Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Inti Media : Jogjakarta

Published
2020-01-20
How to Cite
Karepesina, N. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT LEARNING) PADA KONSEP STRUKTUR ATOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 AMBON. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 10(1), 53-62. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol10iss1pp53-62