KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI KONSEP MOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIII-1 AMBON

  • Marlifia Berhitu Departement of Chemistry-FKIP, Pattimura University Ambon
  • Semuel Unwakoly Departement of Chemistry-FKIP, Pattimura University Ambon
  • Y Manoppo Departement of Chemistry-FKIP, Pattimura University Ambon
Keywords: Model of Learning Cooperative Type Team Games Tournament (TGT), Cooperative Learning Model Type Make a Match, the Learning Outcomes

Abstract

The purpose of this research is to know thestudent learningoutcomes of grade X SMA KARTIKA XIII-1 AMBON as well as knowing there is a difference whether or not the results of student learning using cooperative type Team Games Tournament(TGT) with type Make a Match as the learning model.This research is the comparison research which the sample consists of two classes, the class was given further study of chemistry at the consept of moles materials, first classexperiment (X-1) using the cooperative type Team Games Tournament(TGT) and in secondclass experiment (X-2) using the cooperative type Make a Match as the learning model. Based on the results of the study gained note that both models of learning that can enhance the learning outcomes of students, it can be seen from the success of the qualifications obtained from both the class when there has same qualification of 75% of students are on completed qualifying, 25% of students are on failed qualifying, with average from X-1 class used Type TGT is 66.125 and X-2 class used Type Make a Match is 57.3125. Hypothesis test data derived from posttest both class indicates the value significance of 0.25 (> 0.05) this a value of H0received and value of H1 rejected so it can be concluded there is no difference in student learning outcomes are either the cooperative type Team Games Tournament (TGT)and type Make a Match as the learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amahoroe, R, A. (2015). Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang Dan Chemopoly Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 5 Ambon. Skripsi. Universitas Pattimura Ambon

Anggraini, P.K., Ashadi., & Utami, B. (2015). Studi Komparasi Pembelajaran Kooperative Metode Team Games Tournament (TGT) dan Team Assissted Individuallized (TAI) Pada Sub Pokok Bahasan Konsep Mol Di SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2013/2014. FPMIPA-UNS. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol. 4 No. 1, 211-217.

Aunurrahman. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Astrissi G. A. S. O. D., Sukardjo, JS., & Hastuti, B. (2014). Efektifitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Disertai Media Teka-Teki Silang Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pembelajaran 2012/2013. FPMIPA-UNS. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol. 3 No. 2, 22-27

Chang, Raymond. 2005. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Dea P.Y., Mulyani, B., & Utami B. (2016). Studi Komparasi Pembelajaran Make A Match Dan Talking Stick Dengan Memperhatikan Kemampuan Analisis Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Konsep Mol Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. FPMIPA-UNS. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol. 5 No. 1, 1-8

Hamalik. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran Cetakan Kesebelas. Jakarta: Bumi Aksara

Lokollo, L. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Ambon Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Pembelajaran Konvensional Pada Konsep Struktur Atom. Skripsi. Universitas Pattimura. Ambon

Muslich, M. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumia Aksara

Ningtiyas, P & Siswaya, H. (2012). Penggunaan Metode Kooperatif Tipe TGT Dilengkapi Modul Dan LKS Ditinjau Dari Aktivitas Siswa. IKIP-PGRI Madiun. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Vol. 3 No. 1 51-58

Rahmayanti E., Redjeki, T., & Saputro, C. N. A. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. FKIP-UNS. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol, 4 No. 1 174-181

Ratumanan, T.G., 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unessa University Press

Rohendi, D., Waslaluddin., & Ayu S. P. (2010). Penerapan Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. FPMIPA-UPI. Jurnal Pendidikan Ilmu Teknologi dan Informasi. 3(1): 19-22

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sadirman, Raharjo, 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Slavin, Robert E. Cooverative Learning Teory, Riset dan Praktik. Penerjemah Nurulita Nasron. 2008. Bandung: Nusa Media

Sudijono, A. (2005). Dasar-dasar statistic pendidikan. Edisi 1. Jakarata: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sulistyaningsih, F., Mulyani, S. & Utomo, B.S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Power Point Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Isomer Dan Reaksi Senyawa Hidrokarbon Kelas X SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. FPMIPA-UNS. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) Vol. 3 No. 2, 82-87

Susilo, J. M, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Belajar

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Trihendradi, Corelius. 2004. Memecahkan Kasus Statistik: Deskriptif, Parametrik dan non-parametrik dengan SPSS 12. Yogyakarta: ANDI

Yamin, Mohammad. 2009. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Panduan Menciptakan Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Kurikulum yang progresif dan Inspiratif. Jogjakarta: Diva Pres

Published
2019-01-09
How to Cite
Berhitu, M., Unwakoly, S., & Manoppo, Y. (2019). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI KONSEP MOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA KARTIKA XIII-1 AMBON. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 9(1), 31-37. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol9iss1pp31-37