PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI STOIKIOMETRI ( TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA ) UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MORELLA

  • nur Karepesina Universitas Pattimura
  • Fitri Latukau Universitas Darussalam Ambon
Keywords: Model Course Review Horay, Hasil Belajar, Stoikiometri

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering didominasikan oleh guru sebagai sumber informasi, sehingga secara tidak langsung guru dituntut untuk mengolah pembelajarannya dengan berbagai cara atau strategi. Salah satu strategi pembelajaran yang bias diterapkan oleh guru dalam mengolah pembelajarannya adalah dengan menerapkan model pembelajaran course review horay dengan menggunakan LKS dalam meningkatkan hasil bealajar siswa  materi stoikiometri ( tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana ) pada siswa kelas X MA Alhilaal Morella.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, teknik dalam penentuan sampel adalah purposive random sampling (sampel acak) sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas Xa yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes hasil belajar berupa soal sebanyak 15 butir soal yang terbagi menjadi 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal esay. Teknik analisis hasil belajar yang dipakai adalah analisis deskriptif yang dilakukan dalam analisis hasil belajar dan dalam system penilaian, penelitian menggunakan system KKM. Dari data hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggaplikasikan penerapan model pembelajaran course review horayterjadi peningkatan hasil belajar sebagai berikut : kualifikasi sangat baik  sebesar 23% (7 siswa), kualifikasi baik sebesar  30 % (9 siswa), kualifikasi cukup sebesar 47 % (14 siswa), dan tidak ada siswa dengan kualifikasi kurang dan gagal, sehingga semua siswa dikatakan 100% tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, (2005). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni, 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni (2009). “Cooperative Learning”. Bandung : Alfabeta
Postman, Neil dan Weingartner, Charles, Mengajar sebagai Aktifitas Subversif, Yogyakarta: Jendela, 2001.
Sanjaya W, 2007. Strategi Pembelajaran Beriontasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sudijono A, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Surya Subroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono A, 2010. Model Pembelajaran Course Review Horay. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Published
2021-01-19
How to Cite
Karepesina, nur, & Latukau, F. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI STOIKIOMETRI ( TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA ) UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MORELLA. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 11(1), 46-54. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol11iss1pp46-54
Section
Articles