Karakteristik Kemampuan Siswa Melalui Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia Pada SMA Di Kecamatan Teluk Ambon Baguala Menggunakan Classical Test Theory (CTT) Dan Item Respons Theory (IRT) Model Rasch
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik Kemampuan Siswa Melalui Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia Pada SMA Di Kecamatan Teluk Ambon Baguala Menggunakan Classical Test Theory (CTT) Dan Item Respons Theory (IRT) Model Rasch. Subjek penelitian adalah seluruh lembar jawaban peserta Ujian Sekolah Mata Pelajaran Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex-post facto. Hasil analisis dengan pendekatan teori tes klasik menunjukkan 80% butir memiliki tingkat kesulitan butir berfungsi baik, 100% butir daya bedanya belum memenuhi syarat, dan 100% butir memiliki pengecoh berfungsi baik dengan indeks reliabilitas tes 0,897. Analisis dengan pendekatan teori respons butir Model Rasch menunjukkan terdapat 17 (85%) butir soal cocok (fit) dengan model, fungsi informasi maksimum 4,12 pada θ = -0,41, dan besarnya kesalahan pengukuran (SEM) 0,43.
Keyword: Ujian Sekolah, Classical Test Theory, Item Respons Theory, Rasch.
Downloads
Copyright (c) 2021 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.