PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP STRUKTUR ATOM KELAS X IPA SMA NEGERI 14 MALUKU TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada konsep struktur atom dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas X IPA SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 22 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi peserta didik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai akhir yang diperoleh adalah 9 peserta didik (41%) berada pada kualifikasi sangat baik, 6 peserta didik (27%) berada pada kualifikasi baik, 5 peserta didik (23%) berada pada kualifikasi cukup, dan 2 peserta didik (9%) berada pada kualifikasi gagal, serta terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dari data pencapaian N-gain yaitu diperoleh sebanyak 14 peserta didik (63%) dengan nilai gain 0.7 pada kategori tinggi, dan 8 peserta didik (37%) dengan nilai gain 0.7 berada pada kategori sedang, dengan pencapaian rata-rata N-gain sebesar 0.74. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep struktur atom.
Downloads
Copyright (c) 2022 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.