PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP STRUKTUR ATOM KELAS X IPA SMA NEGERI 14 MALUKU TENGAH

  • Meilinda Yohosua Universitas Pattimura Ambon
  • Filindity T Yuli Program Studi Pendidikan Kimia FKIP - Universitas Pattimura
  • Untailawan Romelus Program Studi Pendidikan Kimia FKIP - Universitas Pattimura

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada konsep struktur atom dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas X IPA SMA Negeri 14 Maluku Tengah. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah  kelas X IPA 2 yang berjumlah 22 orang . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi peserta didik. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai akhir yang diperoleh adalah 9 peserta didik (41%) berada pada kualifikasi sangat baik, 6 peserta didik (27%) berada pada kualifikasi baik, 5 peserta didik (23%) berada pada kualifikasi cukup, dan 2 peserta didik (9%) berada pada kualifikasi gagal, serta terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dari  data pencapaian N-gain yaitu diperoleh sebanyak 14 peserta didik (63%) dengan nilai gain 0.7 pada kategori tinggi, dan 8 peserta didik (37%) dengan nilai gain  0.7  berada pada kategori sedang, dengan pencapaian rata-rata N-gain sebesar 0.74.  Berdasarkan hasil yang diperoleh, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan  hasil belajar  peserta didik pada konsep struktur atom.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-31
How to Cite
Yohosua, M., Yuli, F., & Romelus, U. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP STRUKTUR ATOM KELAS X IPA SMA NEGERI 14 MALUKU TENGAH. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 12(1), 46-52. https://doi.org/10.30598/MJoCEvol12iss1pp46-52
Section
Articles