REDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konsep yang dimiliki peserta didik, pelaksanaan pembelajaran, perubahan pemahaman siswa yang salah, dan penurunan miskonsepsi siswa setelah penerapan model pembelajaran conceptual change. Penelitian ini dilakukan di SMA IT Mutiara Hikmah. Penelitian ini menggunakan rancangan One-Group Pretest Posttest. Tingkat persentase rata-rata miskonsepsi sebelum menerapkan model pembelajaran conceptual change adalah 23,80%. Kemudian tingkat normal penilaian siswa setelah diterapkan model pembelajaran conceptua change adalah 19,08%. Dalam tinjauan ini, penurunan tingkat miskonsepsi tergolong rendah, namun dengan penurunan miskonsepsi, pengurangan kategori tidak tahu konsep, dan ekspansi yang benar-benar tinggi di kategori memahami konsep, cenderung ditunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran conceptual change dapat mengurangi miskonsepsi siswa dengan baik.
Downloads
Copyright (c) 2022 Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.