ANALISA FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PEKERJAAN BORE PILE PADA PROYEK PEMBANGUNAN SEKOLAH CITRA KASIH AMBON DENGAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)

  • Windi Mohdar Program Studi Manajemen Proyek Konstruksi, Politeknik Negeri Ambon
  • Rudi Serang Program Studi Manajemen Proyek Konstruksi, Politeknik Negeri Ambon
  • Henriette D. Titaley Program Studi Manajemen Proyek Konstruksi, Politeknik Negeri Ambon
Keywords: Fault Tree Analysis , Basic event, probabilitas

Abstract

Proyek Pembangunan Sekolah Citra Kasih Ambon,tidak sesuai dengan jadwal yang di rencanakan pada kontrak. Proyek direncanakan  selesai dalam 67 hari kelender, dimana pekerjaan di mulai dari 9 mei dan berakhir pada tanggal 31 juli 2022. Sedangkan dalam realisasi di lapangan proyek tersebut selesai dalam 98 hari kelender, dimulai dari 9 mei dan brakhir pada tanggal 31 agustus 2022, sehinggai keterlambatan pada proyek tersebut selama 31 hari kelender. Adapun tujuan dari penilitian ini adalah mendapatkan faktor-faktor sebagai basic even yang menjadi penyebab keterlambatan pada pekerjaan bore pile proyek pembangunan Sekolah Citra Kasih Ambon,Mendapatkan probabilitas keterlambatan pekerjaan proyek pembangunan Sekolah Citra Kasih Ambon serta memperoleh faktor yang dominan penyebab keterlambatan.dengan menggunakan metode fault tree analysis (FTA). Dengan metode fault tree analysis dapat mengetahui besic dan top even serta nilai probabilitas yang paling dominan Basic event yang paling dominan dari ketiga peristiwa dengan nilai probabilitas adalah persiapan jadwal kerja dan revisi desain oleh owner ketika pekerjaan sedang berjalan dengan probabilitas = 0,137,kualitas peralatan yang buruk = 0,263,tanah lunak = 0,218. Probabilitas dari keseluruhan peristiwa penyebab keterlambatan pekerjaan bore pile pada proyek pembangunan sekolah citra kasih ambon sebesar = 0,906 maka dari itu ketiga peristiwa tersebut sangat berpengaruh besar terhadap keterlambatan pekerjaan bore pile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rosdianto, M. A. (2014). Analisa Percepatan Durasi Pengerjaan Proyek Pembangunan Jacket Platform Di PT Meindo Elang Indah (Doctoral dissertation, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA).
Pramulia, R. D., & Adi, T. J. (2015). Analisis Penyebab Keterlambatan Proyek Pabrik Es dengan Metode Fault Tree Analysis (Studi Kasus Perusahaan Daerah Aneka Usaha Kabupaten Trenggalek Periode 2008–2012). In Seminar Nasional Manajemen Teknologi III.
Assaf, S. A., & Al-Hejji, S. (2006). Causes of delay in large construction projects. International journal of project management, 24(4), 349-357.
Saifan, R. R. Perancangan sistem informasi manajemen proyek berbasis WEB sebagai pendukung pengendalian pelaksanaan proyek pada PT. Sumber Karsa Indah Utama.
Amalia, R., Rohman, M. A., & Nurcahyo, C. B. (2012). Analisa Penyebab Keterlambatan Proyek Pembangunan Sidoarjo Town Square Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA). Jurnal Teknik ITS, 1(1), D20-D23.
Santoso, Ilham Gaesang; Trijeti, Trijeti. Analisa Penyebab Keterlambatan Proyek Bangunan Gedung Perkantoran 53 Lantai Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA). In: Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. 2020.
Arifin, Setya Intan Fitria; Margana, Ade Suryatman; Murniati, Sri. Analisis Keterlambatan Proyek Jatibarang Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) di PT Pertamina EP Aset 3. In: Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. 2022. p. 760-765.
Published
2024-02-28