PENGGUNAAN ANALISIS DISKRIMINAN DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI MALUKU TAHUN 2015

  • Ramli Rumeon Universitas Pattimura
  • Mozart W. Talakua Universitas Pattimura
  • E. R. Persulessy Universitas Pattimura
Keywords: Kemiskinan, analisis diskriminan

Abstract

Di Indonesia khususnya Provinsi Maluku, masalah kemiskinan merupakan salah satu persoalan mendasar yang menjadi pusat perhatian pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Walaupun angka kemiskinan menurun, tetapi faktanya masih banyak orang yang berada pada garis kemiskinan. Kemiskinan yang terjadi meliputi beberapa aspek antara lain pendidikan, pengangguran, bahkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini akan membahas tentang beberapa faktor seperti  Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Tingkat Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi yang mempengaruhi kemiskinan di Provinsi Maluku. Untuk mengetahui faktor yang paling mempengaruhi dan membedakan tingkat kemiskinan daerah Kabupaten/Kota Provinsi Maluku digunakan metode analisis diskriminan. Analisis diskriminan adalah salah satu teknik analisis multivariat yang digunakan untuk mengklasifikasikan data ke dalam suatu kelompok berdasarkan variable terikat dan variabel bebas. Dengan menggunakan analisis diskriminan, terbukti bahwa faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Provinsi Maluku pada tahun 2015 adalah Pertumbuhan Ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jonnadi, A., Amar, S., & Aimon, H. (2012). Analisis pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan di indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi, 1(1).
Badan Pusat Statistik (2009) ‘Profil Kemiskinan di Indonesia, Maret 2009.’Berita Resmi Statistik No. 43/07/Th.XII. July 2009.
Pratama, Y. C. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Indonesia. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2).
Sulistiyorini, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Internet Speedy Reguler Menggunakan Analisis Diskriminan Di Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Lesnussa, Y. A., Patty, H. M., Mahu, A. N., & Matdoan, M. Y. (2018). Analisis Indeks Harga Konsumen Terhadap Indeks Harga Sandang dan Pangan di Kota Ambon. Euclid, 5(1), 100-107.
Maipita, I. (2014). Mengukur kemiskinan & distribusi pendapatan. UPP STIM YKPN.
Lembang, F. K., & Rahakbauw, D. L. (2013). Penggunaan Metode Analisis Diskriminan, Regresi Logistik, Neural Network, dan Mars untuk Analisis Permasalahan. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 7(2), 47-51.
Pentury, T. (2007). Analisis Diskriminan, Regresi Logistik, Neural Network dan Mars pada Pengklasifikasian Data. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 1(2), 8-13.
Leleury, Z. A., & Wokanubun, A. E. (2015). Analisis Biplot pada Pemetaan Karakteristik Kemiskinan di Provinsi Maluku. Barekeng: Jurnal ilmu matematika dan terapan, 9(1), 21-31.
Andriani, Y., Cahyani, D., & Gusmaryanita, V. (2011). Analisis diskriminan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pilihan program studi matematika di FMIPA dan FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Penelitian Sains, 14(4).
Published
2022-04-21