PENERAPAN REGRESI LINIER BERGANDA UNTUK MENGETAHUI PENGARUH KINERJA DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP IPS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING

  • Rosanti L Program Studi Statistika FMIPA Unpatti
  • M. Y. Matdoan Program Studi Statistika FMIPA Unpatti
  • Lusye Bakarbessy Universitas Pattimura
  • S. B Loklomin Universitas Pattimura
  • Yudistira Yudistira Universitas Pattimura
  • M. F. Seknun Universitas Pattimura
Keywords: Daring, IPS, Kinerja, Motivasi, Regresi.

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga dapat menghadapi persaingan dan tantangan dunia yang terus berkembang. Pada tahun 2020 pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembelajaran secara daring. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus corona (Covid-19). Dalam pembelajaran daring, mahasiswa dan dosen dapat mengikuti proses belajar mengajar dimana saja dan kapan saja sehingga belajar mengajar bisa tetap dilaksanakan dengan baik, meskipun berada pada masa pendemi covid-19. Pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 belum bisa dikatakan optimal dan masih menghadapi berbagai permasalahan baik teknis ataupun non teknis. Hal ini diduga dipengaruhi oleh kinerja dosen dan motivasi belajar mahasiswa yang berdampak langsung kepada Indeks Prestasi Semester (IPS) mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Statistika FMIPA Universitas Pattimura dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Diperoleh hasil bahwa dosen program studi statistika fmipa unpatti memiliki kinerja yang baik dan motivasi belajar mahasiswa dikategorikan tinggi. Selain itu, Indeks Prestasi Mahasiswa (IPS) program studi statistika fmipa unpatti berada pada kategori sangat memuaskan. Adapun pengujian analisis regresi berganda diperoleh hasil bahwa variabel kinerja dosen dan motivasi belajar mahasiswa program studi statistika fmipa unpatti dapat mempengaruhi IPS mahasiswa dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,685 (68,5%).

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hakam, M., Sudarno, S., & Hoyyi, A. (2015). Analisis jalur terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa statistika UNDIP. Jurnal Gaussian, 4(1), 61-70.

Latupeirissa, S. J., & Djami, R. J. (2020). Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Ambon Menggunakan Metode Stepwise. VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications, 2(1), 45-52

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama Pandemik corona virus 2019. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Vipraprastha, T., Putra, B. N. K., Jodi, I. W. G. A. S., & Prayoga, i. M. S. (2020). Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati 2020, 150-1554.

Published
2022-10-13