Pengaruh Jumlah Nasabah, Harga Emas Dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Pembiayaan Gadai Di Pt Pegadaian (Persero) Kota Ambon Tahun 2005-2019 Dengan Ordinary Least Square (OLS).

Main Article Content

Herry M. Djami
Ronald John Djami
F. Y. Rumlawang

Abstract

Pegadaian  adalah salah satu bentuk lembaga keuangan non Bank di Indonesia yang mempunyai kegiatan membiayai kebutuhan masyarakat, baik itu bersifat produktif maupun konsumtif, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jumlah nasabah, pendapatan sewa modal dan tingkat inflasi terhadap penyaluran pembiayaan gadai di PT Pegadaian (Persero) ambon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan metode Ordinary Least Square dan pengujian asumsi klasik. Data yang digunakan adalah data time series yaitu periode 2005-2019. Berdasarkan hasil analisis secara parsial jumlah nasabah berpengaruh terhadap pembiayaan gadai dengan probabilitas t-statistik sebesar 0.000. harga emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan gadai dengan probabilitas t-statistik sebesar 0.016 dan tingkat inflasi tidak berpengaruh terhadap pembiayaan gadai probabilitas t-statistik sebesar 0.941. Secara simultan seluruh variabel bebas berpengaruh terhadap pembiayaan gadai PT Pegadaian (Persero) kota Ambon dengan koefesien determinasi (R2) sebesar 93,% Sesuai dengan tag line pegadaian yaitu menyelesaikan masalah tanpa masalah maka pegadaian perlu menjaga kestabilan kinerja perusahaan untuk mewujudkan ekonomi kerakyatan dalam mengembangkan perekonomian Indonesia terkususnya di kota Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ambiyah, Ukhriyatul, and Tini Anggraini. Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Pendapatan Ijarah, Nilai Tukar Rupiah Dan Harga Emas Terhadap Penyaluran Pembiayaan Gadai (Rahn) Pt Pegadaian Di Indonesia Periode 2007-2015. BS thesis. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah, 2018.
Aziz, Mukhlish Arifin. "Analisis Pengaruh Tingkat Sewa Modal, Jumlah Nasabah, Harga Emas Dan Tingkat Inflasi Terhadap Penyaluran Kredit Gadai Golongan C (Studi Pada Pt Pegadaian Cabang Probolinggo)." jurnal ilmiah mahasiswa feb 1.2 (2012).
Hijriah, Sa'adatul. Analisis Jumlah Nasabah, Pendapatan Sewa Modal dan Tingkat Inflasi terhadap Penyaluran Pembiayaan Rahn di PT Pegadaian (Persero) Indonesia Tahun 2003-2016. Diss. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2018.
Latupeirissa, S. J., & Djami, R. J. (2020). Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Ambon Menggunakan Metode Stepwise. VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications, 2(1), 45-52
Sinarti, Sinarti, and Ainun Na'im. "Kinerja Akuntansi dan Kinerja Pasar Modal pada Perusahaan dalam Jakarta Islamic Index." Jurnal Integrasi 4.2 (2012): 148-158.

https://www.pegadaian.co.id/berita/detail/236/penjelasan-tentang-pegadaian-usaha-gadai-dan-pergadaian