ANALISIS CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKAN KABUPATEN/KOTA BERDASARKAN INDIKATOR KESEJAHTERAAN RAKYAT DI WILAYAH PROVINSI MALUKU

Main Article Content

Venska. A. Latuhimallo
M W Talakua
Z. A. Leleury

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengelompokkan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Maluku berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat dengan menggunakan analisis Cluster Hirarki. Analisis cluster merupakan salah satu metode Multivariat yang bertujuan untuk mengelompokkan objek berdasarkan kemiripan atau tidaknya sesuai karakteristiknya. Analisis cluster terbagi atas 2 metode, yaitu hirarki dan non-hirarki. Metode hirarki terdapat beberapa metode antara lain metode Complete Linkage, Average Linkage, Single Linkage dan Ward Linkage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan Kabupaten/Kota berdasarkan indikator kesejahteraan rakyat di Provinsi Maluku. Pada penelitian ini diterapkan analisis cluster hirarki dengan menggunakan metode Average Linkage, penulis juga menggunakan jarak The City Block. Berdasarkan hasil penelitian Provinsi Maluku dapat dibentuk menjadi  tiga  cluster, yaitu cluster 1 terdiri dari 8 Kabupaten/Kota, cluster 2 terdiri 1 Kabupaten/Kota, Cluster 3 terdiri 1 Kabupaten/Kota dan cluster 4 terdiri dari 1 Kabupaten/Kota.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alwi, M., & Hasrul, M. (n.d.). Analisis Klaster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat.
Awaliah, R. (n.d.). Analisis Clustering Untuk Mengelompokan Tingkat Kesejahteraan Kabupaten/Kota Berdasarkan Sosial Ekonomi Rumah Tangga di Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.
Everitt, B.S (1980). Cluster Analisis. London: Heineman Educational Books Ltd.
Basri, F. (1995). Perekonomian Indonesia Menjelang Abad XXI. Erlangga Jakarta. Gudono. (2011). Analisis Data Multivariat . yogyakarta: BPFE.
Hasrul, M. (n.d.). Analisis Cluster untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat.
J, S. (2004). Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi Edisi Pertama. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Maluku, BPS (2019). Indikator Kesejahteraan Rakyat Maluku. Matjjik. (2002). Statistik Multivariat. IPB Press Bogor.
Muhammadiyah. (2014). Clustering Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat .
Rafikasari, E. F. (n.d.). Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berdasarkan Indikator Pendidikan Tahun 2013 Menggunakan Hiererchial Cluster.
Rizal, J., Nugroho, S., & Br Purba, M. U. (n.d.). Aplikasi Metode Linkage dengan Jarak Euclid Kuadrat Euclid City Block atau Manhattan dan Cheby Chev Menggunakan Program R 2.14 .
Santoso. (2010). Statistika Multivariat. jakarta: Elex Media Komputindo.
Sirojuddin, A. (n.d.). Analisis Cluster Pada Kabupten/Kota di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Indikator Indeks Pembangunan Manusia.
Supranto, J. (2004). Analisis Multivariate arti dan interpretasi. Rineka Cipta Jakarta.
Tenriawaru, A. (n.d.). Clustering Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tenggara Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat.
Widyatamal, H. (2013). Clustering Wilayah Lampung Berdasarkan Tingkat Kesejahrteraan . 179.
Wijaya, T. (2010). Universitas Atma Jaya. Yogyakarta.

Yulianto, S., & Hidayatullah, K. (2014). Analisis Klaster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Berdasarkan Indikator Kesejahteraan Rakyat.