PENERAPAN FUZZY LINEAR PROGRAMMING UNTUK OPTIMASI PRODUKSI TAHU

STUDI KASUS DI DESA TANJUNGREJO KABUPATEN JEMBER

  • Anisa Wahyu Illahi Universitas Jember
  • Agustina Pradjaningsih Universitas Jember
  • Abduh Riski Universitas Jember
Keywords: Fuzzy linear programming, Lindo, Optimasi

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada industri tahu yang ada di desa Tanjungrejo antara lain menentukan jumlah tahu yang akan diproduksi, kendala terkait bahan baku, dan biaya produksi yang tinggi. Permasalahan-permasalahan tersebut jika tidak ditangani dengan tepat bukan keuntungan yang didapat melainkan kerugian. Hal ini tentunya berkaitan dengan optimasi serta efisiensi penyediaan modal, bahan baku, waktu, pegawai dan gaji pegawai agar mendapatkan keuntungan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah pengoptimalan hasil produksi pada industri tahu yang ada di desa Tanjungrejo dengan menggunakan metode fuzzy linear programming. Fuzzy linear programming adalah pengembangan dari program linear yang diaplikasikan dengan lingkungan fuzzy untuk mencapai tujuan memaksimalkan atau meminimumkan suatu masalah. Dengan menggunakan fuzzy linear programming dapat diperoleh nilai optimum jumlah produk tahu mentah dan tahu goreng yang diproduksi sesuai permintaan dan ketersediaan sumber daya produksi. Sumber daya yang diteliti adalah keuntungan, waktu kerja, dan bahan baku. Penyelesaian metode fuzzy linear programming dilakukan menggunakan software Lindo. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa keempat industri mendapatkan keuntungan optimal dengan catatan ada penambahan bahan baku, dan λ merupakan nilai keanggotaan fuzzy yang berada direntang 0 sampai 1

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Rahmat, P. Rahardianto. dan A. F. Chandra W. Aplikasi Fuzzy Linear Programing (FLP) untuk Optimasi Hasil Perencanaan Produksi. Surabaya: STIKOM, (2005).

H.P Astonis, Muspa. “Optimasi Produksi Menggunakan Metode Fuzzy Linear Programing (Study Kasus di Home Industri ‘Amanah’ Kediri)”. Jurnal Mahasiswa Statistik. 2(4), 305-308, (2013).

Martini. “Optimasi Produksi Hijab dengan Fuzzy Linear Programing”. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan teknologi Komputer. 3(01), 65-72, (2017).

Ulfasari. dan F. H. Widodo. Pemograman Linier. Bengkulu: Badan Penerbit Fakultas Pertanian UNIB, (2014).

Taha, Hamdy A. Operations Reseach: an Introduction-8th ed. USA: Pearson Prentice Hall, (2007).

Kusumadewi, S. dan H. Purnomo. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, (2010).

Sudradjat, Modul Kuliah: Dasar-dasar Fuzzy Logic. Bandung: UNPAD, (2008).

Published
2022-04-19
How to Cite
Illahi, A., Pradjaningsih, A., & Riski, A. (2022). PENERAPAN FUZZY LINEAR PROGRAMMING UNTUK OPTIMASI PRODUKSI TAHU. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 277-284. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.277-284
Section
Articles