PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN PMR TEOREMA PYTHAGORAS

  • Vreysilia Rewah Universitas Negeri Manado
  • Victor Sulangi Universitas Negeri Manado
  • Santje Salajang Universitas Negeri Manado
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Matematika Realistik, Phytagoras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Teorema Phytagoras siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tomohon yang memenuhi kriteria Valid, praktis, dan efektif. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dan Evaluasi hasil belajar. Perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik dan Evaluasi hasil belajar materi Teorema Phytagoras model 4-D yang telah dimodifikasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa pengembangan perangkat Model pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik karena memenuhi kriteria valid berdasarkan pendapat ahli, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran baik, siswa aktif selama proses pembelajaran, siswa memberi respon positif terhadap pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar memenuhi kriteria valid, sensitiv, dan reliabel. Berdasarkan analisis deskriptif pada tahap implementasi diperoleh bahwa model pembelajaran berbasis masalah menggunakan pendekatan matematika realistik efektif untuk mengajarkan materi Teorema Phytagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Tomohon. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (a) Telah di kembangkan perangkat pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada materi teorema phytagoras untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tomohon ditemukan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, (b) Kevalidan perangkat berdasarkan model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dengan hasil validasi dari para validator terhadap perangkat, (c) kepraktisan perangkat berdasarkan model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Matematika Realistik ditunjukkan dari hasil observasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Dikjen Dikti Depdiknas. Jakarta.

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistic Dan Implementasinya. Tulip: Banjarmasin
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani, 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Dan Penerapan, Surabaya: Kata Pena.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Mengenai Standar Proses.

Tadililing. Edy. 2012. Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) Di Sekolah. PMIPA. FKIP. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Wijaya, Ariady. 2012. Peendidikan Matematika Realistic Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graham Ilmu.

Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: Pascasarjana UNY
Published
2021-05-26
How to Cite
Rewah, V., Sulangi, V., & Salajang, S. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN PMR TEOREMA PYTHAGORAS. Sora Journal of Mathematics Education, 2(1), 35-41. https://doi.org/10.30598/sora.2.1.35-41