PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING MATERI BARISAN ARITMATIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI KAKAS

  • Valentine Kindangen Universitas Negeri Manado
  • Victor Sulangi Universitas Negeri Manado
  • I Wayan Damai Universitas Negeri Manado
Keywords: Perangkat, pembelajaran, Problem Solving, Barisan Aritmetika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika pada materi Barisan Aritmetika menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik peserta didik di kelas XI SMA Negeri 1 Kakas yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Perangkat pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja Peserta Didik dan Evaluasi hasil belajar pada materi Barisan Aritmetika dengan model 4-D yang dimodifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (a) pada tahap perancangan perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja Peserta Didik dan Evaluasi hasil belajar. Instrumen Validasi dan lembar pengamatan menggunakan instrument yang telah dikembangkan oleh peneliti melalui beberapa modifikasi. (b) Penelitian ini menggunakan validasi isi dan ujicoba lapangan dengan hasil validasinya menunjukan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja Peserta Didik dinyatakan baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi, sedangkan Evaluasi hasil belajar sudah memuat indikator kriteria penilaian. Hasil ujicoba lapangan menunjukan bahwa beberapa aspek pembelajaran yang tidak efektif, dan revisi dilakukan dengan cara merevisi perangkat pembelajaran untuk dapat menghasilkan perangkat final. sedangkan evaluasi hasil belajar dilihat dari indeks Validitas serta Reliabilitasnya adalah sudah layak dipergunakan dengan tanpa revisi yang berarti

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hudoyo. 2001. Strategi Mengajar Belajar Matematika. IKIP Malang.

Jalil, A. 2002. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan reinforcement (penelitian pada pokok bahasana persamaan kuadrat di kelas 1 SMU YP UNILA Bandar Lampung). Tesis, PPs UNESA Surabaya.

Malik, A. M, 2001. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan Linier atu Peubah Yang Disusun Secara Hirarki Berdasarkan Analisis Konsep (suatu kasus di kelas 1 SMP Negeri 3 Majene). Makalah. PPs UNESA: Surabaya.

Suharta, I.G.P. 2002. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Problem Solving): Pengembangan dan Pengimplementasian Prototipe I dan II Topik Pecahan. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya, Tahun VIII, Edisi Khusus. UNM : Malang.
Published
2021-05-26
How to Cite
Kindangen, V., Sulangi, V., & Damai, I. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING MATERI BARISAN ARITMATIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI KAKAS. Sora Journal of Mathematics Education, 2(1), 28-34. https://doi.org/10.30598/sora.2.1.28-34