PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI LETODA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF(PISK)

  • Yohana Mirlau Universitas Pattimura
  • Tanwey G Ratumanan Universitas Pattimura
  • H Tamalene Universitas Pattimura
Keywords: Pembelajaran Interaktif dengan Setting Kooperatif, Bentuk Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri Letoda kelas VII  yang  diajarkan dengan  model  pembelajaran interaktif dengan  setting  kooperatif, pada materi bentuk aljabar. Tipe Penelitian yang di gunakan adalah Tipe Peneltian Tindkan Kelas (PTK). Hal ini terlihat dari hasil tes ahkhir siklus I yang memperoleh kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau memperoleh nilai 70 sebanyak 3 siswa dengan presentasi 21,43%. Kemudian pada siklus II siswa yang memperoleh kriteria ketutasan minimal (KKM) atau siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 6 siswa dengan presentasi 42,86%. Kemudian pada siklus III siswa yang memperoleh kriteria ketutasan minimal (KKM) atau siswa yang memperoleh nilai 70 sebanyak 12 siswa dengan presentasi 85,71% Berdasarkan ketuntasan pada silkus I, siklus II dan siklus III, maka terjadi peningkatan yang terjadi dari siklkus I ke siklus II sebesar 21,43% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 42,85

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-26
How to Cite
Mirlau, Y., Ratumanan, T., & Tamalene, H. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI LETODA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SETTING KOOPERATIF(PISK). Sora Journal of Mathematics Education, 4(1), 19-24. https://doi.org/10.30598/sora.4.1.19-24