Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik Universitas Pattimura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor penyebab Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pattimura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan 6 informan dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Ambon yang menggunakan Platfrom Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif pengguna shopee dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal dalam keputusan pembelian konsumen. faktor internal seperti produk, harga, promosi, dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen, serta deskripsi produk yang menarik, harga yang terjangkau, dan promosi yang efektif seperti cashback dan diskon, mendorong perilaku konsumtif. Biaya ongkos kirim dan estimasi pengiriman yang cepat juga menjadi pertimbangan penting. Faktor eksternal meliputi kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis. Kebudayaan mempengaruhi preferensi konsumen melalui nilai dan norma yang dianut, sedangkan interaksi sosial dan pengaruh kelompok acuan serta keluarga berperan dalam membentuk keputusan pembelian. Faktor pribadi seperti usia, tahap siklus hidup, dan gaya hidup, serta faktor psikologis seperti motivasi, persepsi, dan pengalaman berbelanja juga mempengaruhi perilaku konsumtif.
Kata kunci : pembelian keputusan; Perilaku konsumtif; toko online; faktor internal; faktor eksternal.
Downloads
Copyright (c) 2024 Fella Lakuy, Yustina Sopacua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang diterbitkan merupakan hak cipta dari rumah jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura.