Perilaku Impulsive Buying dalam Tren Affiliate Marketing Di Tiktok Shop
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor penyebab Perilaku Impulsive Buying dalam Tren Affiliate Marketing di TikTok Shop yang dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pattimura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan 5 informan dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Ambon yang menggunakan Platfrom TikTok. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku impulsive buying dalam tren affiliate marketing di TikTok Shop dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi perilaku ini meliputi situasi keuangan, gaya hidup, dan kepribadian mahasiswa. Mahasiswa dengan kondisi ekonomi yang stabil, gaya hidup yang dipengaruhi oleh tren sosial, dan kepribadian yang cenderung mengatasi stres dengan belanja, menunjukkan kecenderungan tinggi untuk melakukan pembelian impulsif. Faktor eksternal yang berperan termasuk penampilan produk, harga yang terjangkau, kemudahan akses melalui platform TikTok Shop, dan strategi promosi yang menarik. Pemasaran afiliasi di TikTok menciptakan siklus berputar yang saling memperkuat antara affiliator, pembeli, dan penjual, yang didukung oleh platform TikTok. Strategi ini tidak hanya meningkatkan penjualan tetapi juga membangun kesadaran merek dan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. TikTok menjadi platform ideal untuk bisnis yang ingin berkembang di era digital melalui ekosistem pemasaran yang dinamis dan efektif.
Downloads
Copyright (c) 2024 Aulia Nurulsyifa El Abidah, Ronald Alfredo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang diterbitkan merupakan hak cipta dari rumah jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura.