Dampak Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Dobo
Abstract
Tiktok merupakan aplikasi audio visual yang sangat popular dan diminati di semua kalangan. Aplikasi TikTok menjadi platform media sosial yang cukup populer saat ini, khususnya di Indonesia. Menurut laporan “We Are Social” pada bulan oktober 2023 kepopuleran TikTok bisa dilihat dari jumlah penggunanya yang saat ini menempati posisi kedua terbesar setelah amerika serikat dengan jumlah 106,52 juta. Penggunaan aplikasi tiktok banyak dari kalanganan siswa, banyak siswa yang senang menggunakan aplikasi tiktok karena menurut mereka aplikasi ini dapat menghibur ketika mereka sedang merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada dampak dari penggunaan aplikasi tiktok terhadap perilaku belajar siswa-siswi di SMP Negeri 2 Dobo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penggumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Dobo yang berjumlah 153 dan siswa-siswi yang dijadikan sampel sebanyak 60 orang yang dipilih menggunakan rumus slovin,. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS 27. Hasil dari uji regresi linear sederhana diperoleh nilai konstannya sebesar 43.725 yang menyatakan jika tidak ada nilai penggunaan aplikasi tiktok maka nilai perilaku belajar 43.725. Selanjutnya nilai posiif (1,010) yang terdapat pada variabel bebas dengan variabel terikat adalah searah, sehingga dapat disimpukan bahwa penggunaan aplikasi tiktok berpengaruh positif terhadap perilaku belajar dan hasil uji koefisien determinasi (R2) ) atau R Square sebesar 0,334 yang artinya bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 33,4% dan 66,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini
Downloads
Copyright (c) 2024 Lidya Tasya Gwal-Gwal, Selvianus Salakay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel yang diterbitkan merupakan hak cipta dari rumah jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura.