Strategi Pemerintah Kota Tual Dalam Pelestarian Bahasa Daerah Sebagai Alat Komunikasi Publik

  • Naharia Rabrusun Universitas pattimura
  • D. L.Y. Lopulalan

Abstract

Warisan budaya bahasa kei saat ini terjadi pergeseran disebabkan karena perkembangan global sehingga patut untuk dikembangkan kembali budaya tersebut. Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, kita dituntut untuk mengetahui tentang bahasa lain, bukan berarti sebagai alasan untuk kita melupakan bahasa daerah kita sendiri.

Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemerintah kota tual dalam pelestarian bahasa daerah sebagai alat komunikasi publik.

Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yaitu mengadakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pelestarian bahasa daerah pada pemerintah kota tual dinas pendidikan dan kebudayaan serta dinas komunikasi dan informatika dalam pelaksanaannya sementara masih pada proses pengumpulan dan penyusunan data-data yang dilakukan hal ini dapat dilihat: a) Perencanaan secara kolektif, b) perumusan dan pelaksanaan strategi, c) pemahaman menimbulkan kesadaran. Dari hal tersebut perencaan kolektif yang dilakukan masih pada tahap pengumpulan dan penyusunan data-data, sedangkan dalam tahap perumusan dan pelaksanaan strategi pelestarian pemerintah akan memberikan seluruh data  konkrit yang telah didapatkan untuk dibahas dan dibuatkan suatu peraturan kepada DPRD tingkat II dalam hal ini bidang eksekutif dan yudikatif. Serta dalam pemahaman untuk menimbulkan kesadaran adalah sikap seseorang  menimbulkan rasa saling memiliki bahasa daerah tersebut dengan demikian pemerintah berkemauan untuk  ikut membina dan mengembangkan bahasa Daerah Kei melalui peraturan yang dibuat.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemerintah kota tual dalam pelestarian bahasa daerah sebagai alat komunikasi publik masih pada tahap proses pengumpulan  dan penyusanan data-data yang akan dibuat dalam suatu peraturan.

 

Kata Kunci : Strategi Pelestarian Bahasa Daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-06-30
How to Cite
Rabrusun, N., & Lopulalan, D. (2023). Strategi Pemerintah Kota Tual Dalam Pelestarian Bahasa Daerah Sebagai Alat Komunikasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi Pattimura, 2(1), 284-296. https://doi.org/10.30598/JIKPvol2iss1pp284-296