SIKAP APATIS TOKOH RACHEL DALAM NOVEL SAKURA DALAM PELUKAN KARYA AUNI FA (KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD)

  • Julianti Umamit Universitas Pattimura
  • Mariana Lewier Universitas Pattimura
  • Chrissanty Hiariej Universitas Pattimura
Keywords: Sikap apatis, Id, Ego

Abstract

Karya sastra merupakan karya yang mengulas tentang permasalahan kehidupan yang bersifat imajinatif. Permasalahan yang sering terjadi pada kehidupan manusia seperti konflik antara manusia dengan manusia lainnya. Permasalahan tersebut dapat diungkapkan dalam salah satu jeniskarya sastra yaitu novel.Novel yang membahas salah satu konflik yang terjadi antara tokoh dengan tokoh lainnya adalah novel Indonesia yang dibicarakan dalam penelitian ini, yang berjudul Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa.Novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa menceritakan seorang anak yang bernama Rachel tinggal dan tumbuh di keluarga yang berada, namun ia memiliki sikap apatis terhadap Ayahnya dikarenakan Ayahnya sibuk bekerja dan  jarang meluangkan waktu bersama keluarga. Konflik yang terjadi antara Rachel dengan Ayahnya menyebabkan Rachel memiliki kepribadian yang apatis terhadap Ayahnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sikap apatis tokoh Rachel dalam novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa dengan kajian psikoanalisis Sigmund Freud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat langsung dan kalimat tak langsung yang merujuk pada sikap apatis tokoh Rachel, sedangkan sumber data yang digunakan ialah novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa. Teknik pengumpulan data penelitian ini teknik kepustakaan. Langkah-langkah analisis dilakukan dengan tahapan: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Sikap aptis tokoh Rachel dalam novel Sakura dalam Pelukan karya Auni Fa yang menunjukkan id dan ego. Aspek dari struktur kepribadian Sigmund Freud yang paling dominan pada tokoh Rachel adalah aspek ego, sedangkan superego tidak ada pada tokoh Rachel dalam novel Sakura dalam Pelukan. (2) Mekanisme pertahanan ego. Tokoh Rachel dalam menghadapi sikap apatisnya menggunakan mekanisme pertahanan ego yaitu penolakan, melawan diri sendiri, dan sublimasi.      

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Julianti Umamit, Universitas Pattimura

Arbitrer: Jurnal Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura. Jurnal berisi artikel-artikel dalam bidang ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel  berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka. Tim Penyunting Jurnal Arbitrer antara lain.

Pelindung/Penasihat: Dekan FKIP Universitas Pattimura

Pengarah: Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni/ Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura

Ketua Pengelola:  Dr. Romilda Arivina da Costa, S.S., M.Hum.

Penyunting:

Viona Sapulette,S.Pd., M.Pd., Chrissanty Hiariej, S.Pd., M.Pd., Revannry Th. Rehatta, S.Pd.

Mitra Bestari:

Prof. Dr. Thomas Frans, M.Pd. (Universitas Pattimura)

Dr. Herman Didipu, M.Pd. (Universitas  Negeri Gorontalo)

Toha Mahsun, M. Ag. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bali)

Dr.Asrif, M.Hum. (Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku)

Lailatul Qadriani, S.S., M.A. (Universitas Halu Oleo)

Siswanto, S.Pd., M.A (Universitas Jember)

References

Fa, Auni. 2019. Sakura dalam Pelukan. Yogyakarta: Sheila Publisher.

FKIP Unpatti. 2021. Panduan Penulisan Skripsi dan Makalah. Ambon: FKIP Unpatti.

Miles, Matthew B, & A. Michael Huberman. 1992. Kualitatif Data Analisis: A Buku Sumber dari Baru Metode. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohindi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).

Minderop, Albertine. 2018. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryabrata, Sumadi. 2022. Psikologi Kepribadian. Depok: Raja Grafindo Persada.

Yusuf, A. Muri. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. : Jakarta: Prenadamedia Group.

Zaviera, Ferdinand. 2020. Teori Kepribadian Sigmund Freud. Jogjakarta: Prismasophie.

Published
2024-04-01
How to Cite
Umamit, J., Lewier, M., & Hiariej, C. (2024). SIKAP APATIS TOKOH RACHEL DALAM NOVEL SAKURA DALAM PELUKAN KARYA AUNI FA (KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD). ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1063-1076. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no1hlm1063-1076