ANALISIS KESALAHAN TATA BAHASA PADA SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN UKIM

  • Lisse Pattipeiluhu Universitas Kristen Indonesia Maluku
  • Della Paula Ajawaila Universitas Kristen Indonesia Maluku
Keywords: mahasiswa, skripsi, tata bahasa

Abstract

Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana. Tujuan utama skripsi adalah untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan kontribusi baru dalam bidang studi tertentu. Skripsi yang dihasilkan mencerminkan pembimbingan dan proses sistematis yang harus dilalui oleh mahasiswa. Proses ini memerlukan beberapa bulan karena mahasiswa dituntut berpikir dan bertindak dengan konsisten untuk menyelesaikan setiap tahapan. Namun dalam praktiknya, seringkali ditemukan adanya kesalahan tata bahasa dalam skripsi mahasiswa.  Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tata bahasa pada skripsi mahasiswa Fakultas Kesehatan UKIM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan data. Pengumpulan data dokumentatif dari skripsi mahasiswa Fakultas Kesehatan. Teknik pengumpulan melalui dua metode yaitu baca dan catat. Analisa yang digunakan adalah univariat untuk menggambarkan karakteristik tata bahasa dengan tujuh variabel yang diteliti. Adapun tahapan yang dilakukan: (1) Pengidentifikasian data, (2) Pengklasifikasian data, dan (3) Penjelasan data. (4) Pengevaluasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kesalahan penulisan skripsi mahasiswa pada tiga angkatan (2019, 2020, dan 2021) yaitu penggunaan PUEBI (huruf kapital, kata turunan, gabungan kata, penulisan kata depan, penulisan kata ganti, tanda baca titik, tanda baca koma, dan unsur serapan), struktur laporan sesuai panduan fakultas, pengutipan, konsistensi format laporan, isi karya tulis, kesimpulan, penulisan daftar pustaka, dan kalimat efektif. Kesalahan penulisan skripsi secara keseluruhan berada pada kategori rendah dan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrade, S. R., Schmitt, M. D., Storck, B. C., Piccoli, T., & Ruoff, A. B. (2018). Documentary analysis in nursing theses: data collection techniques and research methods. Cogitare Enferm, 23(1), e53598.

Ernawati, N. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah Metodologi Riset Penelitian Data Sekunder. Poltekkes RS dr. Soepraoen.

Fauzi, N. B., Rizal, M. S., & Rohman, M. F. (2019). Analisis kesalahan ejaan dan kalimat dalam skripsi mahasiswa Universitas Brawijaya sebagai dasar penentuan strategi, tujuan, dan bahan ajar mata kuliah bahasa indonesia di Universitas Brawijaya. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 36–41.

Juita, D., & Yusmaridi, M. (2020). Kualitas Proses Bimbingan Skripsi Mahasiswa Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci di Masa Pandemi Covid 19. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 135–143.

Kusumawati, E. A., & Sugiarsi, S. (2020). Analisis Penulisan Abstrak Bahasa Inggris Pada Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan STIKes Mitra Husada Karanganyar. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI), 8(1), 70.

Modouw, H. B., & Nugroho, P. I. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(1), 59–66.

Murray, R. (2017). Ebook: How to write a thesis. McGraw-Hill Education (UK).

Nanang Bustanul, F. (2019). Analisis kesalahan ejaan dan kalimat dalam skripsi mahasiswa sebagai dasar penentuan strategi, tujuan, dan bahan ajar mata kuliah Bahasa Indonesia.

Nisa, E. K. (2018). Analisis Pengaruh Akreditasi Program Studi Terhadap Intensitas Belajar dan Harapan Masa Depan (Studi Kasus di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang). At-Taqaddum, 10(2), 201–218.

Pramitasari, A. (2020). Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis pada Karya Ilmiah (Skripsi) Mahasiswa Universitas Pekalongan. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1).

Ramli, M. (2015). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Makassar.

Published
2024-08-01
How to Cite
Pattipeiluhu, L., & Ajawaila, D. (2024). ANALISIS KESALAHAN TATA BAHASA PADA SKRIPSI MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN UKIM. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 1165-1174. https://doi.org/10.30598/arbitrervol6no2hlm1165-1174