SEMIOTIKA PERTUNJUKAN MARCO DE MARINIS DALAM PEMENTASAN TEATER TRADISI TIMBA PURI OLEH SANGGAR BATU KARANG DI DUSUN ERI

  • Lisse Pattipeiluhu Universitas Kristen Indonesia Maluku
Keywords: pertunjukan, timba puri, teater, tradisi

Abstract

Semiotika Pertunjukan Marco de Marinis dalam Pementasan Teater Tradisi Timba Puri oleh Sanggar Batu Karang, dilatar belakangi oleh pentingnya pelestarian dan pengkajian tradisi. Tradisi sebagai sarana komunikasi dan ekspresi seni masyarakat berfungsi untuk mengungkapkan dan memproyeksikan gambaran masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Pertunjukan Marco de Marinis yang menguraikan aspek
pementasan (performance). Performance adalah suatu tipe peristiwa komunikasi yang memiliki dimensi proses komunikasi yang bermuatan sosial, budaya, dan estetik. Penelitian ini hendak memberikan gambaran kebiasaan Timba Puri dalam Pementasan Teater Batu Karang di Dusun Eri. Tipe penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif dalam mengutamakan kedalaman penghayatan interaksi antara konsep yang ditemukan pada pementasan teater Batu  Karang yang ada di Maluku dan dikaji secara empiris. Data berupa pementasan teater Batu Karang dalam festival di Dusun Eri dianalisis dalam bentuk kata, kalimat yang menggambarkan kebiasaan timba puri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lisse Pattipeiluhu, Universitas Kristen Indonesia Maluku
 

References

Adi, Ida Rochani. 2011. Fiksi Populer : Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.
Demarinis, marco.1993. The semiotics of performance. Terjemahan Aine O’Healy. Bloominton and Indianapolis: Indiana University Press.
Herman Winda. 2023 “Seniman Ambon ajak warga berinovasi lewat Festival Timba Puri”. https://ambon.antaranews.com/berita/155589/seniman-ambon-ajak-wargaberinovasilewat-festival-timba-puri. Diakses pada 8 April 2023.
Koentjaraningrat. 2010. Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Jakarta: Penerbit Djambatan.
Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Lantowa, Jafar dkk. 2017. Semiotika Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Marinis, Marco De. 1982.The Semiotics of Performance. Italian: Indiana University Press.
Yapi Taum, Yoseph. 2011. Studi Sastra Lisan: Sejarah, Teori, Metode, dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Yogyakarta: Penerbit Lamalera.
Published
2023-04-01
How to Cite
Pattipeiluhu, L. (2023). SEMIOTIKA PERTUNJUKAN MARCO DE MARINIS DALAM PEMENTASAN TEATER TRADISI TIMBA PURI OLEH SANGGAR BATU KARANG DI DUSUN ERI. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 789-800. https://doi.org/10.30598/arbitrervol5no1hlm789-800