PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FILM SISWA KELAS XI IPA SMA KRISTEN RAMBATU KECAMATAN INAMOSOL KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
Penelitian ini berfokus pada permasalahan mendasar, yaitu kemampuan peserta didik dalam mengarang cerita pendek yang masih tergolong rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKM < 70, pengetahuan yang tidak memadai tentang bagaimana siswa menghasilkan cerita pendek dan belum adanya media pembelajaran yang optimal yang dapat digunakan pendidik dalam proses pembelajaran menulis cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek menggunakan media film pada siswa kelas XI IPA SMA Kristen Rambatu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket, dan penugasan. subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPA SMA Kristen Rambatu dengan jumlah 11 orang, dengan rincian 11 peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis film dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI IPA SMA Kristen Rambatu dikatakan baik atau memenuhi KKM 70 dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis cerita pendek pada siklus I dengan nilai rerata menjadi 57, pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rerata 83 dengan kategori sangat baik.
Downloads
Copyright (c) 2024 Yossy Wemay, Petrus J. Pattiasina, Petrus J. Pattiasina, Jolanda Dessye Parinussa, Jolanda Dessye Parinussa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.