PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 1 AMBON

  • Cheriwil Sameaputty Universitas Pattimura
  • Carolina Sasabone Universitas Pattimura
  • Grace Somelok Universitas Pattimura
Keywords: CIRC;Membaca; Teks Berita; Hasil Belajar.

Abstract

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah model pembelajaran yang kooperatif terpadu yang dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan pemikiran, menganalisis serta mengevaluasi terhadap materi yang disampaikan. Metode penelitian kuantitatif eksperimen, proses penelitian didapatkan melalui teknik penghimpun data yang meliputi observasi, wawancara, proses pembelajaran, kuesioner dan dokumentasi. Observasi dimanfaatkan peneliti guna mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dan peserta didik kelas VIII. Wawancara guru untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Proses pembelajaran diartikan sebagai tahap lanjutan yang dilakukan oleh peneliti untuk menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Kuesioner digunakan untuk mengetahui minat peserta didik dalam mempelajari materi membaca teks berita. Dokumentasi proses pengambilan foto untuk dijadikan sebagai data penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. 2020. Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Kustandi, C. 2020. Pengembangan Kemampuan Membaca Berita. Gramedia Pustaka Utama.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. 2018. Pendidikan Karakter di Sekolah: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2025-08-27
How to Cite
Sameaputty, C., Sasabone, C., & Somelok, G. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 1 AMBON. Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 157-168. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no2hlm157-168