PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 1 AMBON

  • Cheriwil Sameaputty Universitas Pattimura
  • Carolina Sasabone Universitas Pattimura
  • Grace Somelok Universitas Pattimura
Keywords: CIRC;Membaca; Teks Berita; Hasil Belajar.

Abstract

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah sebuah model pembelajaran yang kooperatif terpadu yang dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan pemikiran, menganalisis serta mengevaluasi terhadap materi yang disampaikan. Model pembelajaran ini dapat diterapkan pada aktivitas belajar bahasa untuk membantu peserta didik dalam pemahaman materi pelajaran dengan lebih efektif dan baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Proses penelitian didapatkan melalui teknik penghimpun data yang meliputi observasi, wawancara, proses pembelajaran, kuesioner dan dokumentasi. Pengamatan atau observasi dimanfaatkan peneliti guna mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajarran dan peserta didik kelas VIII. Wawancara merupakan proses pengambilan data dari guru untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Proses pembelajaran diartikan sebagai tahap lanjutan yang  dilakukan oleh peneliti untuk menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pembelajaran dalam materi membaca teks berita. kuesioner merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengetahui minat peserta didik dalam mempelajari materi membaca teks berita dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Dokumentasi adalah proses pengambilan foto untuk dijadikan sebagai data penelitian. Temuan yang dihasilkan dalam studi ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca teks berita peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca teks berita peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Ambon.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. 2020. Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Kustandi, C. 2020. Pengembangan Kemampuan Membaca Berita. Gramedia Pustaka Utama.

Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. 2018. Pendidikan Karakter di Sekolah: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2025-08-27
How to Cite
Sameaputty, C., Sasabone, C., & Somelok, G. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 1 AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 159-170. https://doi.org/10.30598/arbitrervol7no2hlm159-170