PERTANYAAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP KARTIKA AMBON

  • Carolina Sasabone Universitas Pattimura
Keywords: pertanyaan kognitif, pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan kontekstual

Abstract

Pertanyaan dalam kegiatan berbahasa atau berinteraksi sangat penting karena kegiatan berbahasa melibatkan pembicara dan pendengar dalam aktifitas tersebut. Dalam kegiatan sosial pertanyaan merupakan salah satu unsur pembentuk interaksi, sedangkan dalam proses belajar di kelas pertanyaan merupakan unsur pembentuk terjadinya interaksi kelas. Dalam pembelajaran bahasa yang menggunakan pendekatan kontekstual (PK), kegiatan bertanya atau pertanyaan merupakan cara atau strategi yang sangat penting yang dilakukan dalam pembelajaran kontekstual. Bagi guru, kegiatan bertanya merupakan cara yang digunakan untuk membimbing, dan memberikan motivasi, serta untuk menilai kemampuan berpikir siswa. Sedangkan tujuan bertanya bagi siswa, merupakan kegiatan penting karena dengan bertanya siswa dapat mengetahui apa yang seharusnya dilakukan dalam melaksanakan pempelajaran yang berbasis inquiri, yaitu siswa mencari informasi, mengkonfirmasikan apa yang sudah diketahui, dan memfokuskan perhatian pada aspek yang belum diketahuinya. Bentuk-bentuk pertanyaan yang digunakan siswa yaitu: (1) menggunakan kata-kata Tanya, (2) menggunakan intonasi Tanya, dan (3) menggunakan partikel Tanya. Fungsi dari pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai berbagai fungsi sesuai dengan konteks percakapan atau konteks pembelajaran dengan materi yang berbeda-beda. Fungsi pertanyaan yaitu untuk memperoleh penjelasan atau jawaban sebagai berikut : (1) klarifikasi, (2) konfirmasi, dan (3) retorika. Pertanyaan berdasarkan tingkat kognisi siswa, ternyata bahwa siswa SMP Kelas VIII sebagian besar masih  berupa pertanyaan berada pada tingkat rendah yaitu C1 dan C2 atau pada tingkat mengingat dan memahami, yaitu masih berada pada tingkat berpikir rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogdan dan Bikklen 1982, Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory and Methods. Allyn and Bacon, Inc: Boston London

Miles, M., & Huberman. M. 1992. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Beverly Hills: SAGE Publication Inc.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. CTL. Jakarta: Depdiknas.

Suparno, 2003. Tingkat Kemahiran Berkomunikasi Lisan dalam Konteks Instruksional Guru Sekolah Dasar Jawa Timur. Malang: Lembaga Penelitian UM. Malang.

Syafi’ie. 2001. Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Airlangga Press.

Published
2020-08-01
How to Cite
Sasabone, C. (2020). PERTANYAAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI SMP KARTIKA AMBON. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 283-294. https://doi.org/10.30598/arbitrervol2no2hlm283-294