Pengukuran Kinerja PT. PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara menggunakan Malcolm Baldrige

  • B. J. Camerling Universitas Pattimura
  • Mirsan . PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara
Keywords: Malcom Badrige, Kinerja Perusaahaan, Perbaikan Kinerja

Abstract

Perkembangan teknologi dan industri di dunia dewasa ini sangat pesat. Pada suatu perusahaan, pengukuran kinerja sangat dimanfaatkan untuk membantu mengevaluasi tingkat pencapaian kinerja suatu perusahaan. Wawasan dari mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan sehubungan dengan kondisi objektif indonesia yang merupakan negara berkembang dan memerlukan pembangunan yang lebih sempurna dalam segala bidang. Universitas Pattimura Ambon sebagai sebuah institusi (Perguruan Tinggi) berupaya untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswanya bagaimana kinerja suatu perusahaan dapat tercapai dan mahasiswa secara langsung dapat menerapkan ilmu yang telah di dapatkan selama dibangku kuliah. Wilayah kerja PT.PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara Meliputi Area Ambon, Area Tual, Area Masohi, Area Ternate, dan Area Sofifi. PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara menerima pelaporan kondisi Kinerja unit-unit yang akan dievaluasi baik tiap triwulan maupun semester. Pengukuran Kinerja hanya dilakukan dengan mengumpulkan kinerja masing-masing area secara manual. Berangkat dari masalah tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan Mengukur Kinerja Perusahaan dengan menggunakan Malcom Badrige, sehingga kinerja perusahaan dapat diukur, dianalisa dan perbaikan kinerja perusahaan dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ma’ruf. (2014)., Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Akbar,Nicky.2011. Pengukuran Kinerja Perusahaan Jasa dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT. Pandu Siwi Sentosa. Skripsi tidak diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Akdon.(2007)., Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.

Anthony, Robert, dan Vijar Govindarajan.(2005)., Management Control System. Jakarta: Salemba Empat.

Armstrong, Michael dan Angela Baron. (1998)., Performance Management. London: Institute of Personnel and Development.

Ayuningtyas,Sumarni, Bachtiar. (2005)., Penilaian Mutu Rumah Sakit Tugu Ibu dengan The Malcolm Baldrige Quality Award tahun 2005. JMPK , (Online), Vol. 08. No. 4. (http://jurnal.ugm.ac.id/jmpk/article/viewFile/2937/2656/, diakses 04 maret 2015).

Azhar,Al.(2009). Pengukuran Kinerja melalui Just In Time dan Balance Scorecard. Pekbls Jurnal, (online), Vol.1, No.1 (http://download.portalgaruda.org, diakses 20 April 2015).

Bone,Hariman, dan Mahfuz Solihin. (2012)., Pengaruh Perspektif dan Jenis Ukuran dalam Balanced Scorecard Terhadap Evaluasi Kinerja. SNA 15 Banjarmasin (http://asp.trunojoyo.ac.id, diakses 22 Februari 2017).

Blazey,L.Mark. (2009)., Insights to Performance Excellence 2009-2010. United States of America: American society for quality.

Published
2018-09-10
How to Cite
Camerling, B. J., & ., M. (2018). Pengukuran Kinerja PT. PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara menggunakan Malcolm Baldrige. ARIKA, 12(2), 67-78. https://doi.org/10.30598/arika.2018.12.2.67
Section
Articles